Doa Setelah Tarawih Beserta Artinya
Doa Setelah Tarawih Beserta Artinya

Doa Setelah Tarawih Beserta Artinya

Ibadah Tarawih adalah salah satu ibadah yang diwajibkan oleh agama Islam. Ibadah ini dilakukan setelah melakukan sholat Isya dan sebelum melakukan sholat subuh. Ibadah Tarawih berlangsung selama sebulan penuh dari tanggal 1 Ramadhan hingga tanggal 30 atau 29 Ramadhan. Selama ibadah Tarawih, umat muslim diwajibkan untuk mendengarkan dan membaca ayat-ayat Al-Quran. Selain itu, umat muslim juga wajib untuk melakukan doa setelah tarawih. Berikut ini adalah beberapa doa dan artinya yang dapat dilakukan setelah melakukan ibadah tarawih.

1. Doa Selesai Membaca Al-Quran

Doa ini biasanya dilakukan setelah selesai membaca Al-Quran. Doa ini juga dapat dilakukan di setiap akhir sholat. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qalbin la yakhsha’u wa min nafsin la tashba’u wa min dhunoobin la yughallibu”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak tenang, dari nafsu yang tidak terkontrol dan dari kejahatan yang tidak terpuji”.

2. Doa Setelah Membaca Al-Quran

Doa ini biasanya dilakukan setelah selesai membaca Al-Quran. Doa ini dapat juga dilakukan di setiap akhir sholat. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika minal qur’ani ma la yanfa’u wa minal qur’ani ma la yudillu wa minal qur’ani ma yufassilu”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari Al-Quran yang tidak bermanfaat, dari Al-Quran yang tidak memberi penjelasan, dan dari Al-Quran yang menyulitkan”.

3. Doa Setelah Tarawih

Doa ini biasanya dilakukan setelah selesai mengerjakan ibadah tarawih. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika minal jami’il qur’ani wa kulli ayatin ma la yahkuma wa minal jami’il qur’ani wa kulli ayatin la yashfa’u wa minal jami’il qur’ani wa kulli ayatin ma yujadilu”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari Al-Quran yang tidak memiliki hukum, dari Al-Quran yang tidak memberi penjelasan, dan dari Al-Quran yang menimbulkan perselisihan”.

4. Doa Setelah Mengerjakan Ibadah Tarawih

Doa ini biasanya dilakukan setelah selesai mengerjakan ibadah tarawih. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika minal qur’ani ma la yahkuma wa minal qur’ani ma la yudillu wa minal qur’ani ma yufassilu wa minal qur’ani ma yujadilu”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari Al-Quran yang tidak memiliki hukum, dari Al-Quran yang tidak memberi penjelasan, dari Al-Quran yang menyulitkan, dan dari Al-Quran yang menimbulkan perselisihan”.

5. Doa Setelah Puasa

Doa ini biasanya dilakukan setelah selesai mengerjakan ibadah puasa. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika minal qur’ani ma la yamassu wa minal qur’ani ma la yahkuma wa minal qur’ani ma la yudillu wa minal qur’ani ma yujadilu”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari Al-Quran yang tidak menenangkan, dari Al-Quran yang tidak memiliki hukum, dari Al-Quran yang tidak memberi penjelasan, dan dari Al-Quran yang menimbulkan perselisihan”.

6. Doa Setelah Berbuka Puasa

Doa ini biasanya dilakukan setelah selesai berbuka puasa. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika minal jami’il qur’ani wa kulli ayatin ma la yahkuma wa minal jami’il qur’ani wa kulli ayatin la yashfa’u wa minal jami’il qur’ani wa kulli ayatin ma yujadilu”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari Al-Quran yang tidak memiliki hukum, dari Al-Quran yang tidak memberi penjelasan, dan dari Al-Quran yang menimbulkan perselisihan”.

7. Doa Setelah Mendengar Al-Quran

Doa ini biasanya dilakukan setelah selesai mendengar Al-Quran. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika minal qur’ani ma la yudillu wa minal qur’ani ma yufassilu wa minal qur’ani ma yujadilu”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari Al-Quran yang tidak memberi penjelasan, dari Al-Quran yang menyulitkan, dan dari Al-Quran yang menimbulkan perselisihan”.

8. Doa Setelah Mendengar Khutbah Jumat

Doa ini biasanya dilakukan setelah selesai mendengar khutbah Jumat. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika minal qur’ani ma la yahkuma wa minal qur’ani ma la yudillu wa minal qur’ani ma yufassilu”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari Al-Quran yang tidak memiliki hukum, dari Al-Quran yang tidak memberi penjelasan, dan dari Al-Quran yang menyulitkan”.

Kesimpulan

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang diwajibkan oleh agama Islam. Doa-doa