Doa Setelah Sholat Tahajud dengan Artinya
Doa Setelah Sholat Tahajud dengan Artinya

Doa Setelah Sholat Tahajud dengan Artinya

Sholat tahajud adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Sholat tahajud merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setelah melaksanakan sholat tahajud, biasanya para jamaah melaksanakan doa. Doa yang biasa dilakukan setelah sholat tahajud memiliki arti yang erat dengan pengabdian kepada Allah SWT.

Doa setelah sholat tahajud bisa berupa doa yang diajarkan Allah SWT melalui Nabi-Nya, yakni Nabi Muhammad SAW. Doa ini biasanya terdapat dalam Al-Quran dan hadits-hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat.

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya

Berikut adalah beberapa doa setelah sholat tahajud yang biasa dilakukan oleh para jamaah sholat tahajud. Doa ini memiliki arti yang erat dengan tauhid kepada Allah SWT.

1. Allahumma inna nastaeenuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nuthni ‘alayka al-khaira haithu kana thomamta ‘alayhi. Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan-Mu, kami memohon ampunan-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami bertawakal kepada-Mu dan kami meminta kebajikan dari-Mu yang telah Engkau janjikan”.

2. Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku”.

3. Allahumma antas salamu waminkas salamu tabarakta ya dzal jalali wal ikram. Artinya: “Ya Allah, Engkau Maha Pencipta kedamaian dan sejahtera, Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Engkau, ya Dzat Yang Maha Mulia dan Maha Agung”.

4. Allahumma aghfirli dhanbi wa kaffir ‘anni ‘amali. Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan kabulkanlah permohonanku”.

5. Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘ann. Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku”.

6. Allahumma inii as-aluka min fadhlik. Artinya: “Ya Allah, aku memohon keutamaan-Mu”.

7. Allahumma innii audhubika minal ‘adzabi wal haibati wal qabri. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab-Mu, kebinasaan dan dari siksa kubur”.

8. Allahumma innii as-aluka khairal maal wa khairal makaan. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebaikan harta dan tempat tinggal”.

9. Allahumma innii as-aluka al haqqi wa al haqqi wa al haqqi. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebenaran, kejujuran dan keadilan”.

10. Allahumma innii as-aluka min fadhlik. Artinya: “Ya Allah, aku memohon keutamaan-Mu”.

Kesimpulan

Doa setelah sholat tahajud adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa yang biasa dilakukan setelah sholat tahajud memiliki arti yang erat dengan pengabdian kepada Allah SWT. Doa setelah sholat tahajud terdiri dari berbagai doa yang diajarkan oleh Allah SWT melalui Nabi-Nya, yakni Nabi Muhammad SAW. Doa ini memiliki arti yang erat dengan tauhid kepada Allah SWT.