Doa Setelah Sholat Tahajud dan Witir Beserta Artinya
Doa Setelah Sholat Tahajud dan Witir Beserta Artinya

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Witir Beserta Artinya

Sholat tahajud dan witir merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Keduanya dianggap sebagai shalat sunnah muakkadah, yaitu shalat sunnah yang diwajibkan oleh Allah SWT. Karena itu, ada banyak hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW selalu melaksanakan kedua shalat ini dengan konsisten. Di samping itu, Rasulullah SAW juga memerintahkan para sahabatnya untuk melakukan shalat tahajud dan witir dengan konsisten.

Selain itu, ada juga beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca setelah melakukan shalat tahajud dan witir. Doa-doa ini dapat membantu kita untuk berdoa kepada Allah SWT dan meminta kebaikan untuk diri kita sendiri, keluarga kita, dan juga orang lain. Berikut adalah beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang dapat kita baca setelah melakukan shalat tahajud dan witir.

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Witir

Ada beberapa doa yang dapat kita baca setelah melakukan shalat tahajud dan witir. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan disebutkan oleh Rasulullah SAW adalah: “Allahumma inni as’aluka al-huda wa al-‘afafa, wa al-‘amalina, wa al-fawza wa al-‘izzah, wa al-janna wa al-na’imah. Allahumma a’inni ‘ala dhikrika wa shukrika wa husni ‘ibadatika.” (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan, keselamatan, pekerjaan yang baik, kemenangan, kemuliaan, surga dan kebahagiaan. Ya Allah, tolonglah aku untuk mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan melakukan ibadah yang baik kepada-Mu).

2. Doa Setelah Witir

Rasulullah SAW juga menyarankan untuk membaca doa ini setelah melakukan witir: “Allahumma anta-s-salam wa minka-s-salam, tabarakta ya dzal-jalali wal-ikram.” (Ya Allah, Engkau Maha Penyayang dan dari-Mu datangnya keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia).

3. Doa Setelah Shalat Sunnah Lainnya

Selain itu, ada juga beberapa doa yang dapat kita baca setelah melakukan shalat sunnah lainnya, seperti shalat duha, shalat tasbih dan shalat hajat. Berikut adalah beberapa doa yang dapat kita baca:

  • Doa setelah shalat duha: “Allahumma innaka ‘affuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku).
  • Doa setelah shalat tasbih: “Subhanallahi wa bihamdihi, Subhanallahil ‘azim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung).
  • Doa setelah shalat hajat: “Allahumma inni as-aluka al-huda wa al-fawza bikitabikal-karim wa sunnat nabiyyika-s-shalih” (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dan kemenangan dengan Kitab-Mu yang agung dan Sunnah Nabi-Mu yang mulia).

4. Arti Doa Setelah Sholat Tahajud dan Witir

Doa yang kita baca setelah melakukan shalat tahajud dan witir memiliki arti yang luar biasa. Dengan membaca doa-doa ini, kita berharap agar Allah SWT dapat memberikan kita kebaikan, keselamatan, pekerjaan yang baik, kemenangan, kemuliaan, surga dan kebahagiaan. Kita juga berharap agar Allah SWT dapat menolong kita untuk mengingat-Nya, bersyukur kepada-Nya dan melakukan ibadah yang baik kepada-Nya.

Kesimpulan

Shalat tahajud dan witir merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan beberapa doa yang dapat kita baca setelah melakukan shalat tahajud dan witir. Doa-doa ini memiliki makna yang luar biasa dan dapat membantu kita untuk berdoa kepada Allah SWT dan meminta kebaikan untuk diri kita sendiri, keluarga kita, dan juga orang lain.