Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya
Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya

Sholat tahajud adalah salah satu dari lima sholat wajib yang diwajibkan oleh agama Islam. Sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan di malam hari. Biasanya dilakukan di antara waktu Isya hingga subuh. Meskipun demikian, sholat tahajud juga boleh dilakukan sebelum waktu Isya.

Sholat tahajud adalah sholat yang memiliki kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah SWT. Sholat tahajud menjadi sebuah amalan yang sangat dianjurkan. Banyak sekali doa-doa yang dapat dilaksanakan setelah melaksanakan sholat tahajud. Berikut ini adalah beberapa doa setelah sholat tahajud dan artinya.

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya

1. “Rabbana taqabbal minna innaka antas Sami’ul Alim”

Artinya: Wahai Tuhan kami, terimalah dari kami (amalan kami). Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

2. “Rabbana innaka jami’un nasiir”

Artinya: Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyelesaikan (seluruh urusan).

3. “Subhanallahi Rabbil’izzati ‘amma yasifun wa salamun ‘alal mursalin walhamdulillahi Rabbil ‘Alamin”

Artinya: Maha Suci Allah Tuhan Yang Memiliki Kebesaran, yang dengannya orang-orang yang berbuat kebaikan diberi pahala dan kesejahteraan tercurah pada rasul-rasul-Nya dan segala puji bagi Allah Tuhan Yang Maha Mengetahui.

4. “Rabbana hablana min azwajina wa dhurriyatina qurrata ‘ayunin waj’alna lilmuttaqina imama”

Artinya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan yang saleh, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

5. “Rabbana ‘atina fid-dunya hasanatan wa fil ‘akhirati hasanatan wa qina ‘adhaban-nar”

Artinya: Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.

6. “Rabbana la tuzigh quloobana ba’da idh hadaitana wa hablana milladunka rahmatan innaka antal Wahhab”

Artinya: Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau memalingkan hati kami sesudah Engkau memberi petunjuk kepada kami, dan berilah rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

7. “Rabbana wala tuhammilna ma laa taqata lana bihi wa’fu ‘anna waghfir lana warhamna anta mawlana faonsurna ‘ala alqawmi alkafirin”

Artinya: Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kami dengan sesuatu yang tak sanggup kami menanggungnya, beri ampunlah kami dan beri rahmat kepada kami. Engkau adalah Tuan kami, maka tegakkanlah kami atas kaum kafir.

8. “Subhanallahi walhamdulillahi wala ilaha illallah wallahu Akbar”

Artinya: Maha Suci Allah, Segala Puji bagi Allah, Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Allah Maha Besar.

9. “Rabbana la taj’alna ma’al qawwimin”

Artinya: Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami bersama orang-orang yang zalim.

10. “Rabbana innaka ‘ala kulli syai’in qadir”

Artinya: Wahai Tuhan kami, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kesimpulan

Sholat tahajud adalah sholat yang memiliki kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah SWT. Banyak sekali doa-doa yang dapat dilaksanakan setelah melaksanakan sholat tahajud. Di antara doa-doa tersebut adalah “Rabbana taqabbal minna innaka antas Sami’ul Alim”, “Rabbana innaka jami’un nasiir”, “Subhanallahi Rabbil’izzati ‘amma yasifun wa salamun ‘alal mursalin walhamdulillahi Rabbil ‘Alamin”, “Rabbana hablana min azwajina wa dhurriyatina qurrata ‘ayunin waj’alna lilmuttaqina imama”, “Rabbana ‘atina fid-dunya hasanatan wa fil ‘akhirati hasanatan wa qina ‘adhaban-nar”, “Rabbana la tuzigh quloobana ba’da idh hadaitana wa hablana milladunka rahmatan innaka antal Wahhab”, “Rabbana wala tuhammilna ma laa taqata lana bihi wa’fu ‘anna waghfir lana warhamna anta mawlana faonsurna ‘ala alqawmi alkafirin”, “Subhanallahi walhamdulillahi wala ilaha illallah wallahu Akbar” dan “Rabbana la taj’alna ma’al qawwimin”.