Doa Setelah Sholat Tahajud Arab Latin dan Artinya
Doa Setelah Sholat Tahajud Arab Latin dan Artinya

Doa Setelah Sholat Tahajud Arab Latin dan Artinya

Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari. Sholat tahajud biasanya dikerjakan sebelum waktu subuh. Di dalam sholat tahajud, kita bisa membaca doa-doa yang disyariatkan oleh Allah. Doa yang biasanya dibaca setelah melakukan sholat tahajud adalah doa dalam bahasa Arab, Latin dan juga artinya.

Doa Setelah Sholat Tahajud Arab Latin

Doa setelah sholat tahajud dalam bahasa Arab Latin yang biasa dibaca oleh orang-orang muslim adalah “Allaahumma innaa nasta’iinuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alayka wa nuthni ‘alaykal-khair, wa nashkuruka wa laa nakfuruka wa nakhla’u wa natruku mai yafjuruka, Allaahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’aa wa nahfidzu wa narju rahmahka wa nakhsha ‘adhaabaka inna ‘adhaabaka bil-kuffaari mulhiq.”

Arti Doa Setelah Sholat Tahajud

Arti doa setelah sholat tahajud yang biasa dibaca oleh orang-orang muslim adalah “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan kepadaMu, memohon ampunan dariMu dan kami beriman kepadaMu, berserah diri kepadaMu, berterima kasih kepadaMu dan tidak berpaling dariMu dan tidak menyombongkan diri kepadaMu dan tidak (mengingkari) kebenaran yang telah Engkau kemukakan. Ya Allah, hanya kepadaMu kami menyembah, hanya kepadaMu kami shalat, hanya kepadaMu kami beribadah, hanya kepadaMu kami berserah diri, hanya kepadaMu kami berharap, dan hanya kepadaMu kami takut. Kami yakin bahwa siksaanMu pasti menimpa orang-orang kafir.”

Dalil Doa Setelah Sholat Tahajud

Ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang doa setelah sholat tahajud. Di antaranya adalah dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian berwudhu lalu melakukan shalat tahajjud, maka hendaklah ia berdoa dengan doa di atas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits lainnya, diriwayatkan bahwa dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian shalat tahajjud lalu ia berdoa, maka doanya akan dikabulkan.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Manfaat Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa setelah sholat tahajud memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah untuk memohon pertolongan dari Allah, memohon ampunan dari Allah, memohon hidayah Allah, meminta kemudahan dalam menghadapi masalah, dan mengingatkan kita tentang Allah dan perintah-Nya. Doa setelah sholat tahajud juga dapat membantu kita untuk menjadi orang yang lebih dekat dengan Allah dan mengingatkan kita untuk bersyukur atas nikmat-Nya.

Keutamaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa setelah sholat tahajud memiliki keutamaan yang sangat besar. Di antaranya adalah doa yang dibaca setelah sholat tahajud akan dikabulkan oleh Allah. Allah akan memberikan apa yang kita minta dan membantu kita dalam menghadapi masalah. Doa setelah sholat tahajud juga akan membuat kita bisa lebih dekat dengan Allah dan membuat kita menjadi orang yang lebih bertakwa kepada-Nya.

Cara Membaca Doa Setelah Sholat Tahajud

Cara membaca doa setelah sholat tahajud adalah dengan cara mengulangi doa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. Doa tersebut harus dibaca dengan hati yang ikhlas dan keyakinan yang kuat. Setelah itu, kita juga harus berusaha untuk membuat janji kepada Allah untuk melakukan hal-hal yang baik dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh-Nya. Selain itu, kita juga harus melakukan shalat tahajjud secara teratur.

Kesimpulan

Doa setelah sholat tahajud adalah doa yang biasa dibaca oleh orang-orang muslim. Doa ini biasanya dibaca dalam bahasa Arab, Latin dan juga artinya. Doa setelah sholat tahajud memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang sangat besar. Cara membacanya adalah dengan mengulangi doa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. dengan hati yang ikhlas dan keyakinan yang kuat.