Doa Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Terkabul
Doa Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Terkabul

Doa Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Terkabul

Doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul merupakan hal penting yang tidak boleh terlupakan. Itu karena waktu tersebut termasuk ke dalam waktu mustajab. Ini adalah waktu dimana setiap doa akan lebih mudah terkabulkan.

Perlu diingat sekarang ada banyak orang yang tidak paham teknis terbaik dalam berdoa. Ini merupakan kesalahan karena doa sendiri perlu dilakukan dengan serius. Selain itu, sholat tajahud sendiri memang menyulitkan bagi kebanyakan orang.

Walaupun terdapat kondisi dimana setiap orang mengetahui kalau keberadaannya penting. Menjalankannya dan membaca doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul selalu terasa berat. Perlu diketahui, waktu sholat tahajud sendiri adalah pada malam hari.

Biasanya, waktu malam hari dibagi menjadi tiga. Sepertiga malam pertama adalah setelah isya sampai jam 10 malam. Disini sholat tahajud sebenarnya diperbolehkan namun belum masuk waktu utama. Lalu bisa juga menjalankannya di sepertiga malam kedua.

Ini dimulai pukul 10 sampai pukul 1 pagi. Bisa dikatakan, sepertiga malam kedua ini lebih utama dibanding sepertiga malam kedua. Terakhir adalah waktu yang paling utama yaitu akhir sepertiga malam. Waktunya dari pukul 1 pagi sampai masuk waktu shubuh.

Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul

Doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul memang penting. Tetapi sebelum ke doanya, penting untuk memerhatikan dulu kalau sholat tahajudnya sudah benar. normalnya, ada dua pilihan ketika akan menjalankan sholat malam.

Dua pilihan tersebut antara lain menjalankan 11 rokaat atau menjalankan 23 rokaat. Jika memilih 11 rokaat, sholat tahajud dilakukan 8 rokaat dan sisanya witir. Sedangkan jika memilih 23 rokaat, sholat tahajud dilakukan 20 rokaat dan sisanya witir.

Jika prosesnya sudah selesai, doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul bisa mulai dilakukan. Sebenarnya akan lebih baik jika doa ini dihafal. Tetapi kalaupun tidak tahu, bukan merupakan masalah apabila membacanya terlebih dahulu. berikut doanya :

“Allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimussamaa waati wal ardi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihina. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihina.”

“Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qaula haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru hoqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.”

 

“Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminni.”

“Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Doa di Atas Memiliki Arti yang Mendalam

Perlu diketahui, lebih tepat jika kamu mengetahui arti dari doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul. itu karena, ada makna mendalam di dalamnya. Berikut rincian lengkap dari artinya :

“Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya.”

“Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji.”

“Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

“Ya Allah. Hanya kepadaMu lah aku berserah diri, hanya kepadaMu lah aku beriman, hanya kepadaMu lah aku bertawakal hanya kepadaMu lah aku kembali, hanya kepadaMU lah kuhadapi musuhku dan hanya kepadaMulah aku berhukum.”

“Oleh sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir.”

“Tiada Tuhan Selain Engkau dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Lanjutkan Bacaan di Atas dengan Doa Pribadi

Sebenarnya, kamu bisa juga langsung membaca arti doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul tanpa membaca arabnya. Namun agar lebih khidmat, memang lebih baik jika membaca arabnya terlebih dahulu lalu membaca artinya.

Setelah doa di atas dibacakan, kamu bisa mengutarakan doa pribadi yang belum tertuang dalam doa di atas. Perlu diingat agar memerhatikan dengan baik apa yang diungkapkan ketika berdoa.

Perhatikan Beberapa Hal ini Ketika Memanjatkan Doa

Doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul pasti dibacakan. Namun masalahnya, beberapa orang sering membacakan doa tersebut tanpa memerhatikan beberapa hal. Padahal beberapa hal ini sangat penting untuk kesuksesan dalam berdoa.

Jika beberapa hal ini diamalkan, kemungkinan doa terkabul akan menjadi semakin besar. Apabila kamu merasa belum mengetahui beberapa hal ini, berikut poin-poinnya secara lengkap.

  1. Bersuci

Poin pertama yang perlu diperhatikan ketika doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul adalah aktivitas bersuci. Sebenarnya kondisi suci pasti didapat ketika berdoa setelah tahajud. Itu karena, seseorang masih memiliki wudhu yang sebelumnya dimiliki.

Namun bukan tidak mungkin seseorang melakukan beberapa hal yang membatalkan wudhu. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan kalau kondisi suci ini masih dimiliki. Perlu diketahui, kondisi suci ini sebenarnya memiliki efek lain.

Efek tersebut berhubungan dengan ketenangan dalam jiwa. Ketika selesai wudhu, seseorang akan merasakan ketenangan tersebut. ini tentu berefek pada doa yang lebih khusu ketika diutarakan.

  1. Jangan Lupakan Sholawat

Sholawat dan doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Normalnya sholawat sendiri perlu dibacakan setelah doa-doa di atas dibacakan. Perlu diketahui, sholawat adalah bukti cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Nantinya kecintaan kepada nabi akan memberikan syafaat ketika berada di akhirat. Namun ingat, bacaan sholawat sendiri perlu dibacakan dengan ikhlas. Sebenarnya akan lebih baik jika sebelum memanjatkan doa, dzikir juga dibacakan terlebih dahulu.

Dzikir ini sangat penting karena keberadaannya menjadi bukti keikhlasan kepada Allah SWT. Perlu diingat, Allah SWT adalah yang maha pemberi dan dzat yang menciptakan kamu. Oleh sebab itu, kekuasaan sepenuhnya ada pada Allah SWT.

  1. Menghadap Kiblat

Beberapa orang sering tidak memerhatikan arah ketika berdoa. Kondisi tersebut tentu diperbolehkan karena doa sendiri bisa dilakukan kapan saja. Namun dalam prinsip doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul, pemahaman tersebut perlu diluruskan.

Itu karena, merupakan keputusan yang lebih tepat apabila doa dibacakan sambil mengarah ke kiblat. Perlu diingat, kiblat sendiri merupakan salah satu bentuk fokus seorang muslim. Dengan adanya kiblat, semua muslim menjadi seragam ketika beribadah kepada Allah.

Selain menghadap kiblat, penting juga untuk mengangkat tangan ketika berdoa. Perlu diingat, arahan untuk mengangkat tangan sendiri dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits.

  1. Tenang

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika berdoa adalah ketenangan. Poin ini sangat vital dalam doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul. Itu karena ada banyak orang di luar sana yang berdoa secara tergesa-gesa.

Tergesa-gesa sendiri memang menjadi sifat dasar manusia. Kondisi tergesa-gesa tersebut dialami karena berbagai kesibukan yang dirasa mendesak. Namun ingat, hal tersebut tidak boleh dilakukan apabila ingin doa terkabul.

Sebenarnya, wudhu yang sebelumnya dijelaskan bisa memberikan efek terhadap ketenangan ini. Setiap orang pasti mengakui kalau ketenangan akan terasa selepas wudhu dijalankan.

Selain tenang, penting juga untuk memerhatikan kalau setiap doa dilakukan dengan memelankan suara. Ingat, memelankan suara berbeda dengan doa di dalam hati. Ketika memelankan suara, doa masih terdengar namun tidak dengan suara keras.

  1. Penuh Harapan

Beberapa orang sering berdoa tanpa menyimpan harapan yang terlalu besar. Beberapa juga merasa masih bisa berusaha dengan upayanya sendiri apabila doa tersebut tidak dikabulkan. Dalam doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul, prinsip tersebut salah.

Itu karena, doa sebaiknya dilakukan dengan penuh harapan. Ada satu hadits riwayat Tarmidzi yang memberikan perhatian khusus terhadap hal ini. Rasulullah SAW mengatakan kalau Allah SWT tidak menerima doa dari hati yang lalai dan kosong harapan.

Hati yang lalai dan kosong harapan sendiri tidak mencerminkan kepribadian seorang muslim. Itu karena Muslim adalah umat terbaik yang selalu optimis ketika menyerahkan segala keputusan kepada Allah SWT.

  1. Yakin

Prinsip doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul selanjutnya berhubungan dengan keyakinan. Pastikan kalau diri memiliki keyakinan penuh kalau Allah SWT akan mengabulkan doa tersebut. Dalam prinsip Aqidah, poin ini merupakan hal yang sangat vital.

Dengan yakin kalau doa akan terkabul, keraguan seseorang kepada Allah SWT akan menghilang. Poin ini perlu menjadi perhatian karena banyak orang di luar sana yang berdoa dengan keraguan tersebut. Dalam prinsip keyakinan, keberadaannya bukan hanya di lisan.

Keyakinan juga perlu ditempatkan di hati. Oleh sebab itu, apa yang diucapkan di lisan perlu sesuai dengan apa yang di hati. Ini sebenarnya sama dengan prinsip iman yang berarti meyakini dalam hati, mengucapkan dalam lisan, dan melakukan dalam perbuatan.

  1. Sungguh-Sungguh

Doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul juga perlu dilakukan dengan bersungguh-sungguh. Jangan melakukan kesalahan dengan tidak total ketika memanjatkan doa. Perlu diingat, Allah SWT sebenarnya sangat senang ketika ada hambanya yang berdoa.

Bahkan seorang sahabat pernah mengatakan kalau Allah SWT akan memerintahkan jibril untuk tidak langsung mengabulkan doa dari hambanya. Itu karena Allah SWT senang mendengar doa tersebut dan kebanyakan orang memang berhenti berdoa saat terkabul.

  1. Tambah di Waktu Lain

Doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul memang hal yang sangat vital. Namun jangan melakukan kesalahan dengan berdoa di waktu tersebut lalu mengabaikan waktu lain. akan lebih tepat jika menambah doa tersebut di waktu lain yang mustajab.

Perlu diingat, ada beberapa waktu yang mustajab untuk berdoa selain di sepertiga malam terakhir. Waktunya sendiri seperti ketika hujan, setiap selepas sholat, hingga pada hari Jumat. Perlu diingat, masih ada waktu-waktu lain yang mustajab.

Pastikan untuk serius dalam berdoa. Ini memang menjadi senjata utama seorang muslim agar aktivitas sehari-hari bisa menjadi lebih lancar. Namun beberapa poin di atas perlu terus diperhatikan untuk memastikan doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul.