Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul Penuh Berkah
Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul Penuh Berkah

Ketahui Sholat Tahajud dan Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul Penuh Berkah

Mengetahui doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul merupakan hal perlu dilakukan. Tidak hanya sekedar menjalankan, tetapi kamu bisa mendapatkan tujuan dari melakukan ibadah dengan ikhlas dan nyaman.

Sholat tahajud sendiri merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Salatul layl  dilakukan pada sepertiga malam, merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Bahkan sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an, barang siapa yang mengamalkan sholat sunnah tahajud maka derajatnya akan diangkat oleh Allah pada tempat  terpuji di mata Allah.

Untuk perlu diketahui qiyamul lail (shalat malam) merupakan salah satu amalan rutin Rasulullah SAW setiap malam yang tidak pernah ditinggalkan. Selain memiliki banyak keistimewaan, tahajud juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rohani.

Mengenal Sholat Tahajud Beserta Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul Sebagai Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Sebelum mengetahui beberapa doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul, kamu juga harus mengetahui penjelasan dari jenis ibadah ini. Qiyamul lail adalah shalat sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Barang siapa yang rutin melaksanakan qiyamul lail, maka Allah SWT akan memudahkan segalanya di dunia dan akhirat. Hidupnya juga dijauhkan dari kesengsaraan, kekurangan dan kesusahan. Sholat ini dilakukan pada sepertiga malam terakhir dari pukul 01:00 hingga subuh.

Bagi kamu yang memiliki masalah dalam hidup, sholat tahajud beserta doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul lengkap bisa menjadi petunjuk dalam kesusahan. Segeralah berwudhu dan laksanakanlah shalat tahajud.

Keutamaan Sholat Tahajud Beserta Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul

Tahajud tidak hanya sebagai anjuran sholat sunnah di malam hari. Keutamaan qiyamul lail, bila dilakukan secara rutin, memberikan berbagai manfaat bagi kita. Karena sangat sulit untuk bangun dari tidur, doa ini membawa banyak pahala dan status dari Tuhan Yang Maha Esa. mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

1. Meraih Tempat Yang Mulia Bersama Allah SWT

Keutamaan sholat tahajud pertama adalah agar orang yang melaksanakannya mendapat tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Inilah janji Allah SWT untuk mengangkat umat-Nya ke tempat terpuji bagi orang-orang  rajin melaksanakan sholat malam dan ikhlas mencari ridha Allah.

Dengan melaksanakan tahajud beserta doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul dengan ikhlas, maka bisa mengantarkan kamu ke tempat paling mulia Bersama Allah SWT. Tentunya hal ini menjadi cita-cita bagi seluruh umat muslim.

2. Penghapusan Dosa Dan Kesalahan Sebagai Upaya Taubat

Seperti sabda Rasulullah SAW yang bermakna untuk melakukan qiyamul lail untuk penghapusan dosa dan menghindari salah

3. Sebagai Jembatan Menuju Surga Abadi Allah SWT

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya adalah dapat menjadi jembatan menuju surga. Allah SWT telah menjanjikan Surga bagi hamba-hamba untuk taat kepada-Nya. Sebaliknya, Allah SWT akan menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba-hamba yang tidak menaati-Nya.

Selain itu, Allah SWT juga menunjukkan kepada kita cara untuk mencapai Surga-Nya. Salah satu cara untuk mencapai surga adalah melalui sholat tahajud. Tidak hanya mengharapkan doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul, tetapi sholat ini perlu dijalankan dengan ikhlas.

4. Menghilangkan Kemalasan dan Nafsu Duniawi

Sholat tahajud merupakan cara ampuh untuk menghilangkan rasa malas dan nafsu. Jika kamu melakukannya di malam hari dan berdoa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul, secara otomatis akan bersiap untuk besok.

Dengan melakukan rutinitas seperti ini membuat kamu hidup lebih teratur dan terarah. Nafsu merupakan musuh paling besar bagi umat manusia

Melakukan sholat tahajud bisa sedikit sulit bagi sebagian orang karena muncul selama jam kerja selama waktu tidur normal. Godaan untuk tidur pasti sangat besar saat itu.

Oleh karena itu, seseorang untuk bangun dari tidurnya melaksanakan sholat tahajud berarti telah berhasil menahan godaan dalam dirinya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dalam titik ini, biasanya manusia telah mencapai keutamaan dari sholat tahajud.

5. Menjadikan Sosok yang Lebih Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang melaksanakan keutamaan sholat tahajud akan selalu memiliki sifat rendah hati dan baik hati. Ketenangan yang merupakan cerminan ketenangan dalam kehidupan sosial sehari-hari membuat kita rendah hati.

Dengan menjalankan sholat khusyuk beserta memanjatkan berdoa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul secara sepenuh hati, niscaya keberkahan selalu datang menghampiri. Ketenangan hati merupakan salah satu kunci kenyamanan dalam hidup.

Jika kamu merasa gusar atau gelisah akan permasalahan hidup yang sedang dihadapi, segeralah bangun di sepertiga malam dam ambil air wudhu. Bentangkan sajadah dan bersujudlah kepada Allah SWT. Niscaya ketentraman dan kedamaian hati akan didapatkan.

6. Memberikan Efek Kesehatan Fisik yang Lebih Baik

 

Memang sangat luar biasa kuasa Allah SWT. Hal ini bisa dilihat dengan adanya keutamaan dalam menjalankan tahajud. Allah SWT memberikan Kesehatan sepenuhnya bagi orang-orang yang mampu menjalankan ibadah ini secara rutin dan dengan penuh keikhlasan.

Tidak hanya akan tentram secara mental, fisik kamu juga akan lebih terjaga dengan rutin menjalankan ibadah. Ditambah lagi dibarengi dengan berbagai doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul untuk selalu dilindungi.

7. Merupakan Amalan yang Membantu di Akhirat

Ada juga ayat dalam Al-Qur’an merujuk pada keajaiban sholat Tahajud atau shalat malam ini. Disebutkan dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 bahwa orang yang selalu sholat Tahajud, Insha Allah akan mendapat pahala  serupa dari Allah SWT di akhirat nanti.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Tahajud Sebelum Memanjatkan Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul

Tata cara sholat tahajud untuk mengabulkan keinginan sebenarnya sama dengan sholat sunnah lainnya. Namun ada hal memisahkan antara niat dan waktu pelaksanaan. Sholat tahajud untuk mengabulkan keinginan dilakukan sepenuh hati dengan total dua rakaat sekaligus.

Tidak ada batasan jumlah rakaat, namun mengacu pada Hadits Nabi SAW, Nabi Muhammad tidak pernah melakukan shalat malam lebih dari 11 atau 13 rakaat. Langkah pertama dalam tata cara pelaksanaan tahajud adalah memantapkan hati dengan membaca niat sholat.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: ”  Aku menyengaja sembahyang sunah tahajud dua rakaat karena Allah SWT”

Lalu, berdiri bagi yang mampu dan diikuti dengan takbiratul ihram. Sunnah membaca doa iftitah dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah. Lakukan juga sunnah membaca ayat atau surat tertentu dari Al Quran. Selanjutnya, ruku dengan tuma’ninah. I’tidal dengan tuma’ninah.

Tidak lupa untuk sujud dua kali dengan tuma’ninah dana duduk diantara dua sujud dengan Tuma’ninah. Duduk tasyahud akhir dan membaca tahiyat akhir pada duduk akhir. Membaca sholawat atas Nabi saw pada duduk akhir dan ditutup dengan mengucap salam.

Setelah melaksanakan sholat, kamu bisa melanjutkan dengan doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul.  Adapun berbagai doa-doa untuk bisa dipanjatkan untuk mendapatkan perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Doa-Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul

Setelah menyelesaikan langkah-langkah Sholat Malam untuk memenuhi keinginan di atas, lanjutkan membaca Sholat Setelah Tengah Malam. Membaca doa- doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul. ini tidak wajib tetapi dianjurkan oleh Allah SWT.

Tujuan dari doa ini adalah untuk memohon perlindungan kepada Tuhan, limpahan kebahagiaan, dan jawaban atas doa seseorang. Berikut adalah doa yang bisa kamu panjatkan setelah sholat.

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhamadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqqun.

Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu, wama asrartu, wamaa a’lantu, wama anta a’lamu bihi minni.

Selain bacaan di atas, agar doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul, banyak ahli menganjurkan untuk membaca doa Nabi. Karena, doa inilah yang merupakan doa paling dahsyat.

Doa diawali dengan doa pembuka dan diikuti dengan Al-Zakar. Doa diikuti dengan “Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna.”.

Lalu, dilanjut dengan “Wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu. Wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun wannaaru haqqun wan-nabiyyuna haqqu wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqqu assaa’atu haqq Allahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu wa ilaika hakamtu faghfirlii maa qaddamtu wama akhkhartu wama asrartu wamaa a’lantu wama anta a’lamu bihi minni. Wala haula wala quwwata illa billah.”

Selain doa di atas, kamu juga bisa membaca doa “Subhaanal Malikil Quddus” dan “Rabbil Malaikati WarRuh”. Lalu diikuti dengan doa “Allahumma innii a’uudzu bi ridhoka min sakhotik, wa bi mu’aafatika min uqubatik, wa a’udzu bika min-ka, laa uh-shii tsana-an ‘alaika anta, kama atsnaita ‘ala nafsik”.

Jangan lupa untuk melanjutkan dzikir (istighfar, tasbih, Alhamdulillah, Allahu Akbar, Laa Ilaaha Illallah). Disambung lagi dengan Sholawat Nabi, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq, Surat An Naas, dan Al Fatihah.

Sebagai penutup, kamu bisa memanjatkan sayyidul istighfar. Bacaannya adalah “Wabil-as-ḥāri hum yastagfirụn. Allahumma Anta Robbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana abduka, wa ana ala ahdika wawadika mastathaktu, audzubika min syarri maa shana’tu, abu u laka bini’matika alayya”

Dari keutamaan-keutamaan di atas, tentunya kamu sudah lebih mengerti akan manfaat dan keberkahan yang akan didapatkan. Tidak hanya sekedar sholat, tetapi juga melaksanakannya dengan ikhlas dalam memanjatkan doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul.