Doa Setelah Sholat Sunnah Dhuha Beserta Artinya
Doa Setelah Sholat Sunnah Dhuha Beserta Artinya

Doa Setelah Sholat Sunnah Dhuha Beserta Artinya

Sholat sunnah dhuha adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Ibadah ini dikerjakan di pagi hari untuk mengharapkan ridho Allah SWT. Ada banyak sekali keutamaan yang diterima jika kita mengerjakan sholat sunnah dhuha. Tidak hanya mendapat keutamaan, setelah mengerjakan sholat sunnah dhuha ada doa yang kita baca untuk mengakhiri ibadah tersebut.

Tidak seperti doa saat melaksanakan shalat wajib, doa setelah sholat sunnah dhuha tidak baku. Namun, ada beberapa doa yang telah dikenal sebagai doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat sunnah dhuha. Berikut ini adalah salah satu doa setelah sholat sunnah dhuha beserta artinya:

Doa Setelah Sholat Sunnah Dhuha

أَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُورُ

Artinya

Ya Allah, dengan rahmat-Mu kami bangun di pagi hari, dengan rahmat-Mu kami bermalam di sore hari, dengan rahmat-Mu kami hidup, dengan rahmat-Mu kami mati dan kepada-Mu kami dikembalikan.

Selain doa di atas, doa setelah sholat sunnah dhuha berikut ini juga biasa dibaca:

Doa Setelah Sholat Sunnah Dhuha

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ، أَنْتَ الْمَلِكُ لاَ أَحَدَ مِنْ دُونِكَ، أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ مَأْئِلٌ، أَنْتَ الْبَارِئُ وَالْخَالِقُ، أَنْتَ الْحَيُّ وَالْمَيِّتُ، أَنْتَ الرَّحِيمُ وَالرَّحْمَنُ

Artinya

Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau, Tuhan yang Maha Esa, tak ada sekutu bagi-Mu. Engkau adalah Raja, tak ada yang lain selain Engkau. Engkau adalah yang Benar dan janji-Mu pasti terlaksana. Engkau adalah yang menciptakan dan yang Memelihara, Engkau adalah yang Hidup dan yang Mematikan, Engkau adalah yang Maha Pengasih dan yang Maha Penyayang.

Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha

Selain doanya, sholat sunnah dhuha juga memiliki banyak sekali keutamaan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, Allah SWT akan memberikan pahala kepada orang yang mengerjakan sholat sunnah dhuha. Hal ini didasarkan pada hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa mengerjakan shalat dhuha sebanyak dua rokaat, maka dia akan mendapat pahala seperti melakukan haji dan umrah bersamaan.

Kedua, sholat sunnah dhuha juga dapat meningkatkan kekuatan iman dan menghapus dosa-dosa. Ini menurut hadits dari Jaabir bin ‘Abdullah, Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang mengerjakan sholat dhuha sebanyak empat rokaat, maka Allah akan mengangkat baginya empat puluh tahun dari dunia.

Ketiga, sholat sunnah dhuha juga dapat menghilangkan rasa letih dan lesu. Ini menurut hadits dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang berwudhu lalu mengerjakan sholat dhuha, maka Allah akan membuatnya lebih segar dan penuh kekuatan.

Kesimpulan

Sholat sunnah dhuha adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Dengan mengerjakan ibadah ini, kita bisa mendapatkan banyak keutamaan dari Allah SWT. Setelah melaksanakan ibadah ini, kita juga bisa mengakhirinya dengan doa yang telah dianjurkan. Dengan demikian, ibadah sholat sunnah dhuha akan semakin bernilai dan bermanfaat bagi kita semua.