Doa Setelah Sholat Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya
Doa Setelah Sholat Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Doa Setelah Sholat Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Sholat adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan setiap muslim. Berbagai macam doa diucapkan setelah melaksanakan sholat fardhu, sholat sunnah, atau sholat hajat. Doa-doa tersebut merupakan tuntunan dari Allah SWT melalui Al-Quran dan Hadist yang dianjurkan untuk diucapkan setelah melaksanakan sholat.

Berikut adalah doa setelah sholat lengkap dengan bahasa Arab, Latin, dan artinya:

Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa pertama yang harus diucapkan setelah melaksanakan sholat fardhu adalah doa berikut ini: الحمد لله رب العالمين (Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin). Doa ini berarti “Segala puji bagi Allah yang menguasai semesta alam”.

Setelah doa ini, barulah umat muslim dianjurkan untuk mengucapkan doa berikut: سبحان ربي الأعلى (Subhanarabbiyal ‘Azhim). Doa ini artinya “Maha suci Tuhanku yang paling tinggi”.

Doa Setelah Sholat Sunnah

Setelah melaksanakan sholat sunnah, umat muslim dianjurkan untuk mengucapkan doa berikut: الحمد لله الذي قضى علينا الصلاة والسلام لمن حرمها وبركاته (Alhamdulillahi Alladzi Qadza ‘Alainas Shalata Wal Salamu Liman Harramahaa Wa Barakatahu). Doa ini berarti “Segala puji bagi Allah yang telah menetapkan shalat dan keselamatan untuk orang yang telah memerintahkannya serta berkat-Nya”.

Doa Setelah Sholat Hajat

Setelah melaksanakan sholat hajat, umat muslim dianjurkan untuk mengucapkan doa berikut: اللهم بالغ عنا الحاجت (Allahumma Balligh ‘Annaal Hajata). Doa ini artinya “Ya Allah, permudahkanlah bagi kami keinginan kami”.

Doa Lainnya

Selain tiga doa di atas, umat muslim juga dianjurkan untuk mengucapkan doa-doa lainnya setelah melaksanakan sholat. Beberapa di antaranya adalah:

اللهم اجعلني من التوابين (Allahumma Aj’alnii Minal Tawwabiin). Doa ini artinya “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat”.

اَللَّهُمَّ انْصُرْنِي فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ (Allahumma Innshurnii Fiddunya Wal Aakhirah). Doa ini artinya “Ya Allah, berilah aku pertolongan di dunia dan di akhirat”.

Doa Bertasbih

Selain doa-doa tadi, umat muslim juga dianjurkan untuk mengucapkan doa bertasbih setelah melaksanakan sholat. Doa bertasbih yang dianjurkan adalah: سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم (Subhanallahi Wa Bihamdihi, Subhanallahil ‘Adzim). Doa ini artinya “Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha suci Allah yang Maha Agung”.

Kesimpulan

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim setelah melaksanakan sholat fardhu, sholat sunnah, atau sholat hajat. Terdapat sejumlah doa yang dianjurkan untuk diucapkan setelah melaksanakan sholat, seperti doa Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin, Subhanarabbiyal ‘Azhim, dan lain-lain. Umat muslim juga dianjurkan untuk mengucapkan doa bertasbih setelah sholat yaitu Subhanallahi Wa Bihamdihi, Subhanallahil ‘Adzim.