Doa Setelah Sholat Istisqo dan Artinya
Doa Setelah Sholat Istisqo dan Artinya

Doa Setelah Sholat Istisqo dan Artinya

Sholat istisqo adalah sholat yang dilakukan untuk memohon kepada Allah agar menurunkan hujan. Sholat ini biasanya diadakan di masa kemarau yang berkepanjangan dan menyebabkan kekeringan tanah. Sholat istisqo ini memiliki tata cara yang spesifik.

Setelah melaksanakan sholat istisqo, biasanya para jamaah melakukan doa tertentu. Doa ini juga harus mengikuti tata cara yang spesifik. Doa setelah sholat istisqo di bawah ini bisa dijadikan referensi.

Doa Setelah Sholat Istisqo

Doa pertama yang biasa dilakukan setelah sholat istisqo adalah: “Allahumma laa sahla illaa ma ja’altahu sahla wa anta taj-alul haajah idzaa jaa’altahu”. Artinya adalah “Ya Allah, tidak ada kemudahan selain apa yang Engkau berikan, dan Engkau ciptakan kemudahan ketika Engkau menghendaki”.

Doa kedua yang disunnahkan untuk dipanjatkan setelah melakukan sholat istisqo adalah: “Allahumma ainnii alaa dzikril haajah wa sahlinii fiimaa tardha”. Artinya adalah “Ya Allah, tolonglah kami dalam menyebut-nyebut hajat dan mudahkanlah kami dalam apa yang Engkau ridhai”.

Doa ketiga yang disunnahkan adalah: “Allahumma a’innii bifadhlik alaa maa ajidu wa a’innii bishifatik alaa maa as-aluk”. Artinya adalah “Ya Allah, tolonglah kami dengan kebaikan-Mu pada sesuatu yang kami raih dan tolonglah kami dengan kekuasaan-Mu atas apa yang kami minta”.

Doa keempat yang disunnahkan adalah: “Allahumma a’innii bishifatik alaa maa qaddamtu wa a’innii bifadhlik alaa maa akh-khartu”. Artinya adalah “Ya Allah, tolonglah kami dengan kekuasaan-Mu atas sesuatu yang telah Engkau tetapkan dan tolonglah kami dengan kebaikan-Mu atas apa yang telah Engkau berikan”.

Makna Doa Setelah Sholat Istisqo

Doa-doa yang biasa dipanjatkan setelah sholat istisqo memiliki makna yang mendalam. Doa pertama meminta kepada Allah agar memberikan kemudahan dalam menyelesaikan urusan. Doa kedua meminta kepada Allah untuk mengabulkan hajat dan memudahkan segala sesuatu yang diinginkan.

Doa ketiga meminta kepada Allah agar memberikan kebaikan dalam segala hal yang telah diraih. Sedangkan doa keempat memohon kepada Allah agar berikan kekuasaan dalam menyelesaikan sesuatu yang telah ditentukan. Dengan demikian, doa-doa setelah sholat istisqo ini memiliki makna yang dalam.

Pentingnya Doa Setelah Sholat Istisqo

Doa setelah sholat istisqo sangat penting dilakukan. Dengan memanjatkan doa, maka kita mengungkapkan kerendahan hati kepada Allah. Ini artinya, kita menyadari bahwa segala hal yang kita inginkan berada di tangan-Nya. Dengan memanjatkan doa, maka kita juga menunjukkan bahwa kita membutuhkan bantuan Allah dalam menghadapi segala persoalan.

Selain itu, doa juga bisa menjadi penyemangat dalam perjuangan. Dengan memanjatkan doa, maka kita akan merasa lebih kuat dan yakin bahwa Allah akan menolong kita. Dengan demikian, doa setelah sholat istisqo sangat penting untuk dilakukan.

Kesimpulan

Sholat istisqo adalah sholat yang dilakukan untuk meminta kepada Allah agar menurunkan hujan. Setelah melaksanakannya, biasanya para jamaah melakukan doa-doa tertentu yang memiliki makna dan tujuan yang mendalam. Doa-doa ini juga sangat penting untuk dilakukan karena bisa menjadi penyemangat dan memperkuat keyakinan kita pada Allah.