Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat dan Artinya
Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat dan Artinya

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat dan Artinya

Sholat fardhu adalah salah satu rukun Islam yang paling penting. Banyak orang berpikir bahwa setelah menyelesaikan sholat fardhu mereka sudah selesai, tapi itu tidak benar. Selain dari mengucapkan salam, kita juga harus membaca doa setelah sholat fardhu. Doa ini sangat penting karena membantu meningkatkan kualitas sholat kita.

Doa setelah sholat fardhu singkat adalah sebagai berikut: “Allahumma Antas salamu, Wa minkas salam, Tabarakta ya dhal jalali wal ikram”. Artinya, “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang penuh dengan keselamatan, dan dari Engkau datanglah keselamatan. Maha suci Engkau, Yang Maha Perkasa dan Maha Terpuji”.

Doa setelah sholat fardhu juga bisa dibaca dengan kalimat yang lebih panjang. Misalnya, “Allahumma a’inni ala dhikrika, wa shukrika, wa husni ibadatika”. Artinya, “Ya Allah, tolong bantu aku untuk mengingat-Mu, bersyukur kepadaMu, dan melakukan ibadah yang baik kepada-Mu”.

Doa setelah sholat fardhu adalah bentuk pengakuan kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita menyatakan bahwa kita mengakui bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Perkasa dan Maha Terpuji. Kita juga menyatakan bahwa kita berharap agar Allah SWT akan memberikan kita kekuatan dan petunjuk untuk beribadah kepada-Nya.

Selain doa setelah sholat fardhu, kita juga bisa membaca doa lainnya setelah sholat. Misalnya, “Allahumma a’inni ala thola’il qulubi, wa a’inni ala rahmatika, wa a’inni ala maghfiratika”. Artinya, “Ya Allah, tolong bantu aku untuk merenungkan (Qulubi) dan mengingat kebaikan dan rahmat-Mu, dan tolong bantu aku untuk menerima ampunan dari-Mu”.

Doa setelah sholat fardhu juga bisa dibaca dengan bahasa yang lebih sederhana. Misalnya, “Ya Allah, tolong bantu aku untuk beribadah kepada-Mu dengan baik dan sempurna”. Dengan membaca doa ini, kita menyatakan bahwa kita berharap agar Allah SWT akan memberikan kita berkat dan petunjuk untuk beribadah kepada-Nya dengan baik.

Ada juga doa setelah sholat fardhu yang dibaca untuk memohon keampunan dari Allah SWT. Misalnya, “Allahumma ghfir lii wa liwaliidayya wa li jama’ati ahlihim, wa lii anfusinaa, wa lii zunuubinaa”. Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku dan orang tua dan keluarga saya, dan semua orang yang saya cintai, dan juga ampunilah semua dosa-dosa kami”.

Doa setelah sholat fardhu juga bisa dibaca untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Misalnya, “Alhamdulillahilladzi at’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa minal muslimin”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan memberi keselamatan kepada kami dan telah menjadikan kami termasuk orang-orang yang beriman”.

Doa setelah sholat fardhu juga bisa dibaca untuk memohon perlindungan Allah SWT. Misalnya, “Allahumma a’inni ala tawakkalka, wa ala hudhuri ikhtilaafi fiihi, wa ala khairihaa wa sharrihaa”. Artinya, “Ya Allah, tolong bantu aku untuk bertawakal kepada-Mu, dan untuk menghindari segala bentuk perselisihan, dan untuk berbuat baik dan menghindari yang buruk”.

Kesimpulan

Doa setelah sholat fardhu memiliki banyak manfaat. Dengan membaca doa ini, kita menyatakan bahwa kita berharap agar Allah SWT akan memberikan kita kekuatan, petunjuk, ampunan, dan perlindungan. Selain itu, dengan membaca doa ini kita juga meningkatkan kualitas sholat kita. Oleh karena itu, sebaiknya setelah menyelesaikan sholat fardhu kita selalu membaca doa ini dengan sungguh-sungguh.