Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya dalam PDF
Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya dalam PDF

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya dalam PDF

Doa setelah sholat fardhu adalah amalan yang sangat penting bagi umat Muslim. Doa ini disebut sebagai doa salat, dan dilakukan setelah selesainya sholat. Umat Muslim diwajibkan untuk mengucapkan doa ini setelah selesainya sholat fardhu. Doa ini adalah bagian dari rukun Islam ketiga, yaitu sholat.

Doa setelah sholat fardhu merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Umat Muslim disarankan untuk mengucapkan doa ini dengan khusyuk dan tawadhu karena hal ini merupakan bentuk ibadah yang sangat mulia. Doa ini juga merupakan perintah Allah SWT agar umatnya selalu bersyukur atas nikmat-Nya.

Doa setelah sholat fardhu berisi ungkapan rasa syukur dan kerendahan hati kepada Allah SWT. Doa ini mengandung berbagai macam kalimat yang memuat ketaatan, pengakuan, dan doa-doa yang berkaitan dengan kepentingan hidup manusia. Doa ini pun bertujuan untuk menguatkan relasi antara manusia dan Allah SWT.

Ada beberapa doa setelah sholat fardhu yang disyariatkan oleh Allah SWT. Doa-doa ini dapat Anda baca, hafalkan, atau pun mencetaknya dalam bentuk PDF. Berikut adalah beberapa doa setelah sholat fardhu dan artinya dalam bentuk PDF:

Doa Setelah Sholat Fardhu 1

“Allahumma antas-salamu wa minkas-salamu, tabarakta ya dzal jalali wal ikram”. Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah pencipta keselamatan dan dariMu datang keselamatan. Maha Suci Engkau, ya Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia.”

Doa Setelah Sholat Fardhu 2

“Allahumma aghfir li dhanbi, waftah li abwaba rahmatika”. Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku, dan bukalah pintu-pintu rahmat-Mu kepadaku.”

Doa Setelah Sholat Fardhu 3

“Allahumma inni asaluka ilman nafi’an wa rizqon wasi’an wa ‘afiyatan min kulli dzarrin”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan keselamatan dari segala macam bencana.”

Doa Setelah Sholat Fardhu 4

“Allahumma antal-wahhabu, wa antal-qahharu, wa antal-mu’izzu, wa antal-mujib”. Artinya: “Ya Allah, Engkaulah yang Maha Pemberi, yang Maha Memaksa, yang Maha Memuliakan, dan yang Maha Menerima taubat.”

Doa Setelah Sholat Fardhu 5

“Allahumma ighfir li wa li walidayya wa lil mu’minina yawma yaqumul hisab”. Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, dan kedua orang tua dan para mu’min pada hari pembalasan.”

Kesimpulan

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang sangat penting bagi umat Muslim. Doa ini mengandung berbagai macam kalimat yang memuat ketaatan, pengakuan, dan doa-doa yang berkaitan dengan kepentingan hidup manusia. Selain itu, doa ini juga bertujuan untuk menguatkan relasi antara manusia dan Allah SWT. Umat Muslim pun disarankan untuk membaca, hafalkan, ataupun mencetak doa setelah sholat fardhu dan artinya dalam bentuk PDF.