Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya
Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Sholat fardhu merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Namun, tahukah Anda bahwa setelah melaksanakan sholat fardhu, kita juga harus mengucapkan doa tertentu? Doa ini memiliki arti yang sangat dalam dan juga memiliki keutamaan yang berbeda-beda.

Doa yang biasa kita ucapkan setelah sholat fardhu adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Biasanya doa ini dikutip dari hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat. Berikut ini adalah beberapa doa setelah sholat fardhu dan artinya:

1. Dzikir Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Doa yang biasa kita ucapkan setelah sholat fardhu adalah dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Ini adalah doa yang berbunyi: “Allahumma Laka Aslamtu wa Bika Aamantu Wa Alaika Tawakkaltu Wa Alaa Rizqika Aftarthu.” yang artinya adalah “Ya Allah, aku tunduk kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakkal kepada-Mu, dan aku berserah diri kepada-Mu untuk menerima rezeki.”

2. Doa Mustajab Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Selain dzikir di atas, kita juga bisa mengucapkan doa mustajab setelah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “Allahumma Inni As’aluka Alal ‘Izzati Was Sultaani Wa Alal Af’aalihi” yang artinya adalah “Ya Allah, aku berdoa kepada-Mu dengan kekuasaan, penguasaan dan hasil-hasil yang baik.”

3. Doa Taubat Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Kita juga bisa mengucapkan doa taubat setelah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “Allahumma Antas Salaamu Wa Minkas Salaamu Tabaarakta Ya Dzal Jalaali Wal Ikraam” yang artinya adalah “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang maha penyayang dan dari-Mu datang segala kebaikan. Maha suci Engkau, ya Tuhan yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

4. Doa Kebaikan Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Selain itu, kita juga bisa mengucapkan doa kebaikan setelah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “Allahumma Ighfir Li Wa Tub Alayya Innaka Antat Tahooru Wa Arhamur Rahimiin” yang artinya adalah “Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang suci dan Maha Pengasih.”

5. Doa Kebajikan Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Selain doa di atas, kita juga bisa mengucapkan doa kebajikan setelah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “Allahumma Ajirni Minan Naar Wa Aghnini Minal Kaafiriina Wa Aslihni Limaa Ushli Taala” yang artinya adalah “Ya Allah, selamatkanlah aku dari neraka dan jauhkanlah aku dari orang-orang kafir. Perbaikilah kondisi aku sebagaimana yang Engkau kehendaki.”

6. Doa Keselamatan Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Selain itu, kita juga bisa mengucapkan doa keselamatan setelah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “Allahumma Laa Saif Wa Laa Adzim Wa Laa Aqsam Wa Laa Jabaar Wa Laa Kaafir Wa Laa Huwaari Wa Laa Zarr” yang artinya adalah “Ya Allah, jagalah aku dari segala kejahatan, kekejaman, kekuatan, kekuasaan, kekafiran, kebodohan, dan kehinaan.”

7. Doa Harapan Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Kita juga bisa mengucapkan doa harapan setelah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “Allahumma Ini A’udzu Bika Minal Khataayi Wa A’udzu Bika Minal Kufri Wa A’udzu Bika Minal Faqri” yang artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kesalahan, kufur, dan kemiskinan.”

8. Doa Kebesaran Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Selain itu, kita juga bisa mengucapkan doa kebesaran setelah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “Allahumma Laa Ilaaha Illa Anta Subhaanaka Inni Kuntu Minaz Zalimiin” yang artinya adalah “Ya Allah, tidak ada Tuhan selain Engkau yang maha suci. Sesungguhnya aku adalah orang yang berdosa.”

9. Doa Permintaan Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Kita juga bisa mengucapkan doa permintaan setelah sholat fardhu. Doa ini berbunyi: “Rabbanaa Aatina Fid Dunya Hasanah Wa Fil Aakhirati Hasanah Wa Qinaa Adzaaban Naar” yang artinya adalah “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat nanti dan jauhkanlah kami dari siksaan neraka.”

Kesimpulan

Itulah beberapa doa setelah sholat fardhu dan artinya. Doa-doa ini sangat baik untuk kita ucapkan setelah kita melaksanakan sholat fardhu. Dengan mengucapkan doa ini, kita akan mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT. Semoga dengan mengucapkan doa-doa ini, kita semua dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.