Doa Setelah Sholat Fardhu Beserta Artinya
Doa Setelah Sholat Fardhu Beserta Artinya

Doa Setelah Sholat Fardhu Beserta Artinya

Sholat fardhu adalah salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim dan muslimah. Selain itu, sholat juga merupakan bentuk ibadah yang harus dilakukan setiap hari. Setelah selesai melakukan sholat fardhu, maka sebagai muslim kita juga diwajibkan untuk mengucapkan doa setelah sholat fardhu.

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang dibaca seseorang setelah selesai melakukan sholat fardhu. Doa ini biasanya mengandung kalimat dalam Al-Quran dan hadist-hadist Nabi Muhammad saw. Doa setelah sholat fardhu adalah bentuk pengakuan dan pujian kepada Allah SWT, yang telah menganugerahkan kita kehidupan yang baik.

Berikut adalah beberapa doa setelah sholat fardhu yang harus kita baca setelah selesai melakukan sholat fardhu:

1. Doa setelah Sholat Fardhu dalam Al-Quran

Doa setelah sholat fardhu dalam Al-Quran yaitu dengan membaca doa berikut: “Subhanallahi walhamdulillahi, wa laa ilaha illallahu wallahu akbar.” (QS. Al-Maidah: 114). Artinya: “Maha Suci Allah, Segala Puji bagi Allah, Tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar”.

2. Doa setelah Sholat Fardhu dalam Hadist

Doa setelah sholat fardhu dalam hadist yaitu dengan membaca doa berikut: “Allahumma antas salamu, wa minkas salamu, tabarakta yaa dzaljalali wal ikram” (HR. Ibnu Majah). Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang menerima rahmat dan dari-Mu datang rahmat. Maha Suci Engkau, Yang Maha Agung dan Maha Mulia”.

3. Doa Setelah Sholat Fardhu dalam Sunnah

Doa setelah sholat fardhu dalam sunnah yaitu dengan membaca doa berikut: “Astaghfirullaha rabbi min kulli syaiton wa haammatin wa min kulli a’yunin ghaibatin, Allahumma antal muhsinu, wa antal ghafururrahim”. Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Tuhanku, dari segala setan dan binatang buas, dan dari segala yang ghaib. Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Berbuat Baik dan Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

4. Doa Setelah Sholat Fardhu Bagi Wanita

Doa setelah sholat fardhu bagi wanita yaitu dengan membaca doa berikut: “Allahumma inii a’udzubika minal bahili wa syarri maa razaqtanii”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejahatan apa yang Engkau anugerahkan kepadaku”.

5. Doa Setelah Sholat Fardhu Bagi Orang Yang Sedang Sakit

Doa setelah sholat fardhu bagi orang yang sedang sakit yaitu dengan membaca doa berikut: “Allahumma a’innii bimaa tahdzaru wa a’innii bimaa tudhlamu, wa a’innii min syarri maa razaqtanii”. Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku dengan apa yang Engkau ajarkan kepadaku dan tolonglah aku dengan apa yang Engkau lupakan kepadaku, dan tolonglah aku dari kejahatan apa yang Engkau anugerahkan kepadaku”.

6. Doa Setelah Sholat Fardhu Untuk Anak

Doa setelah sholat fardhu untuk anak yaitu dengan membaca doa berikut: “Allahumma habii’lanaa minal khoirati fil aalamiina, wa a’innanaa minal syarri fil aalamiina, wa thabbitnaa aqdaamanaa qodratik”. Artinya: “Ya Allah, beri kami kebaikan di dunia ini dan tolonglah kami dari kejahatan di dunia ini dan tetapkanlah kami pada kekuatan-Mu”.

7. Doa Setelah Sholat Fardhu Untuk Mahasiswa

Doa setelah sholat fardhu untuk mahasiswa yaitu dengan membaca doa berikut: “Allahumma a’innii fii ‘ilmiika, wa thabbit qolbii ‘alaa dzikrika, wa a’innii minal syarri maa razaqtanii”. Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku dalam ilmu-Mu, tetapkanlah hatiku pada zikir-Mu dan tolonglah aku dari kejahatan apa yang Engkau anugerahkan kepadaku”.

8. Doa Setelah Sholat Fardhu untuk Guru dan Murid

Doa setelah sholat fardhu untuk guru dan murid yaitu dengan membaca doa berikut: “Allahumma habii’lanaa ‘alaa tafaqquhil quran, wa a’innanaa minal syarri maa razaqtanaa”. Artinya: “Ya Allah, berilah kami kemampuan untuk memahami Al-Quran dan tolonglah kami dari kejahatan apa yang Engkau anugerahkan kepada kami”.

9. Doa Setelah Sholat Fardhu untuk Orang Tua dan Anak

Doa setelah sholat fardhu untuk orang tua dan anak yaitu dengan membaca doa berikut: “Allahumma habii’lanaa ‘alaa tafriidil walidaini wa ta’dzihil anak, wa a’innanaa minal syarri maa razaqtanaa”. Artinya: “Ya Allah, berilah kami kemampuan untuk memuliakan orang tua dan menyayangi anak-anak dan tolonglah kami dari kejahatan apa yang Engkau anugerahkan kepada kami”.

10. Doa Setelah Sholat Fardhu untuk Orang yang Berjuang di Jalan Allah

Doa setelah sholat fardhu untuk orang yang berjuang di jalan Allah yaitu dengan membaca doa berikut: “Allahumma habii’lanaa ‘alaa taqwim maa wa’adtaa l