Doa Setelah Sholat Fardhu Arab Latin dan Artinya
Doa Setelah Sholat Fardhu Arab Latin dan Artinya

Doa Setelah Sholat Fardhu Arab Latin dan Artinya

Sholat fardhu merupakan salah satu rukun Islam yang wajib untuk dilakukan oleh setiap muslim. Setelah selesai melaksanakan ibadah sholat, maka dianjurkan untuk melakukan doa sebagai penutup. Doa setelah sholat fardhu berasal dari bahasa Arab Latin dan memiliki arti yang mendalam. Agar lebih memahami doa setelah sholat fardhu, maka berikut ini akan diuraikan arti doa tersebut.

Doa Setelah Sholat Fardhu Arab Latin

Doa setelah sholat fardhu berasal dari bahasa Arab Latin yang merupakan salah satu bahasa yang digunakan untuk menyampaikan doa. Bahasa Arab Latin memiliki ciri khas yang berbeda dari bahasa Arab biasa. Doa yang biasa disampaikan setelah melaksanakan sholat fardhu adalah sebagai berikut:

“اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ يَا أَحْكَمَ الْحُكْمِيْنَ”

Arti Doa Setelah Sholat Fardhu

Berikut ini adalah arti doa setelah sholat fardhu Arab Latin yang disampaikan di atas: “Ya Allah, berilah aku petunjuk dalam orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku keselamatan dalam orang yang telah Engkau beri keselamatan, berilah aku perlindungan dalam orang yang telah Engkau beri perlindungan, berkahilah aku dalam apa yang telah Engkau berikan, lindungilah aku dari kejahatan apa yang Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau yang menetapkan dan tidak ada yang dapat menetapkan atas Engkau. Sesungguhnya orang yang Engkau beri pertolongan tidak akan dihina dan orang yang Engkau cela tidak akan dihormati. Maha Suci Engkau, Wahai Yang Maha Bijaksana di antara para pembijaksana.”

Keutamaan Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa setelah sholat fardhu memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah:

1. Orang yang melaksanakan sholat dan mengakhirinya dengan doa akan mendapatkan pahala yang besar, sebagaimana yang diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda: “Apabila seseorang melaksanakan shalat fardhu, lalu mengakhirinya dengan doa, maka akan dicatat satu kebaikan untuknya. Jika ia melakukannya sampai empat kali, maka akan dicatat empat kebaikan untuknya.” (HR. Muslim)

2. Doa setelah sholat fardhu dapat menjaga dari kesalahan dan kemaksiatan, sebagaimana yang diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Ketahuilah, doa yang aku perintahkan untuk kalian adalah pengaman (penjaga) dari kesalahan dan kemaksiatan.” (HR. Tirmidzi)

3. Doa setelah sholat fardhu juga akan membantu berbagai hajat yang diinginkan, sebagaimana yang diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Doa setelah shalat adalah pengobat luka hati, penghapus dosa, pengganti amalan, penyembuh penyakit, hajat yang diminta dan obat yang tersedia.” (HR. Tirmidzi)

Kesimpulan

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang berasal dari bahasa Arab Latin dan memiliki arti yang mendalam. Doa tersebut memiliki banyak keutamaan yang dapat membantu seseorang dalam berbagai hal. Oleh karena itu, setelah melaksanakan sholat fardhu, maka seseorang harus mengakhirinya dengan membaca doa setelah sholat fardhu untuk mendapatkan banyak keutamaan di dalamnya.