Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap Terjemahan
Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap Terjemahan

Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap Terjemahan

Meski dalam bacaan saat sholat isinya adalah doa, namun kurang sempurna jika tidak dilanjutkan dengan doa setelah sholat fardhu. Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin, sangat menghargai apa itu perbedaan.

Karena pada akhirnya perbedaan itu adalah anugerah, begitu juga dengan amalan doa setelah sholat, sebagian umat Islam berpendapat bahwa itu tidak perlu.

Karena mereka memiliki topik sendiri dan untuk umat Islam lainnya yang mengamalkan doa setelah sholat. Jangan mencela umat Islam lainnya yang tidak melaksanakan doa-doa tersebut.

Hal ini agar kehidupan sesama umat muslim. Bagi umat muslim yang ingin memahami keutamaan dan juga perintah amalan doa setelahnya, simak penjelasan sampai selesai.

Hadist Serta Doa Setelah Sholat Fardhu Beserta Terjemahannya

Di kalangan umat Islam banyak yang membahas tentang amalan doa setelah melaksanakan ibadah 5 waktu. Kali ini kami akan menulis uraian tentang topik anjuran seorang hamba muslim untuk mengamalkan doa.

1.  Hadits Sholat yang dianjurkan Doa Setelah sholat Wajib

Di bawah ini ada beberapa hadits yang menguatkan terkait dengan doa setelah sholat 5 waktu. Dari beberapa hadis berikut bisa membuat kamu mengerti sebagaimana pentingnya ibadah tersebut.

1.     H.R. Ahmad no.2778

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مِنْ أَرْبَعٍ، يَقُولُ: ” اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْأَعْوَرِ الْكَذَّاب

Artinya : Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berlindung kepada Allah azza wa jalla dari empat perkara ketika setiap dubur (selesai) shalat: (ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadMu dari adzab qubur, ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadaMu dari adzab neraka, ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepada dari segala fitnah yang Nampak maupun tersembunyi, ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadamu dari fitnah si mata satu yang tukang dusta (Dajjal)” (H.R. Ahmad no.2778).

Hadits satu ini menyampaikan bahwa doa setelah sholat fardhu akan memberikan kamu perlindungan dari siksa kubur serta terlindungi dari fitnah dajjal.

2.     Hadist Ke Dua

كَانَ سَعْدٌ، يُعَلِّمُ بَنِيهِ هَؤُلاَءِ الكَلِمَاتِ كَمَا يُعَلِّمُ الْمُكَتِّبُ الغِلْمَانَ وَيَقُولُ: إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ بِهِنَّ دُبُرَ الصَّلاَةِ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَعَذَابِ القَبْرِ

Artinya : Sa’d bin Abi Waqqash bahwa ia mengajarkan anak-anaknya sebuah do’a sebagaimana seseorang sedang mengajarkan anak kecil menulis dan beliau berkata: sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika dubur (selesai) shalat beliau berdoa: (ya Allah azza wa jalla sesungguhnya aku meminta perlindungan kepadamu dari sifat pelit, dan aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut, dan aku meminta perlindunganmu dari sifat pikun, dan aku berlindung kepadamu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepadamu dari adzab qubur” (H.R. Bukhari 2822, Attirmidzi 3567)

Ibadah wajib ini biasa dikenal dengan fardhu ain yakni ibadah secara individu dimana doa setelah sholat fardhu tersebut akan menghindari manusia dari perilaku tidak baik.

3.     Hadits Ke Tiga

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ بِيَدِهِ يَوْمًا، ثُمَّ قَالَ: ” يَا مُعَاذُ إِنِّي لَأُحِبُّكَ “. فَقَالَ لَهُ مُعَاذٌ: بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي يَا رَسُولَ اللهِ وَأَنَا أُحِبُّكَ. قَالَ: ” أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ أَنْ تَقُولَ: اللهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ “

Artinya : Pernah suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memegang tangannya seraya bersabda (wahi Mu’adz, sungguh aku mencintaimu) lalu Muadzpun menimpali: (demi ayah juga ibuku wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sungguh aku mencintaimu) lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: (aku berwashiat agar engkau tidak pernah meninggalkan untuk membaca doa berikut setiap di dubur shalat: ya Allah azza wa jalla bantulah aku untuk senantiasa berdzikir kepadaMu, dan mensyukuriMu, dan baik dalam dalam beribadah kepadaMu” (H.R. Ahmad 22119, An-Nasai 13303, Abu Dawud 15522, Ibnu Hibban )

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW bersabda yang mana ditujukan untuk semua umat muslim agar tidak melupakan atau meninggalkan doa setelah sholat fardhu untuk terus berdzikir kepada Allah SWT.

4.     Hadits Ke Empat

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوبَةٍ: «لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ، وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ».

Artinya “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tiap kali dubur shalat. Beliau membaca: (Tidak ada Tuhan selain Allah azza wa jalla semat, dan tidak ada sekutu bagiNya. MilikNyalah segala kerajaan, dan bagiNyalah segala pujian, dan Allah azza wa jalla maha mampu atas segala sesuatu, ya Allah azza wa jalla. Sungguh tidak ada yang mampu menahan pemberianmu, dan taka da yang mampu memberi apa yang engkau tahan, dan kekayaan seseorang tidak mampu menyelamatkannya dari siksamu di akhirat kelak)” (H.R Bukhari dan Muslim ).

2.  Bacaan doa setelah melaksanakan sholat 5 waktu

Di atas telah disampaikan tentang hadits doa setelah sholat fardhu, maka akan disampaikan beberapa doa yang sering dibaca Nabi. Beberapa doa tersebut dapat kamu lihat di bawah ini:

1.   Doa Pertama setelah sholat

Sebetulnya doa apa saja yang memiliki arti dan tujuan yang baik tidak menjadi masalah. Apalagi jika menginginkan kebutuhan duniawi, tentunya selain bekerja, kamu juga harus berdoa.

Sedangkan waktu luang untuk shalat, khususnya bagi para pekerja, adalah ketika mereka selesai menunaikan sholat wajib 5 waktu.

Namun sebaiknya ikutilah doa yang sering dibaca Nabi Muhammad SAW jika ingin mengambil sunnah dan berkahnya. Seperti doa setelah sholat fardhu yang pertama ini.

 

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Artinya : “Tidak ada Tuhan selain Allah azza wa jalla semat, dan tidak ada sekutu bagiNya, milikNyalah segala kerajaan, dan bagiNyalah segala pujian, dan Allah azza wa jalla maha mampu atas segala sesuatu, ya Allah azza wa jalla, sungguh tidak ada yang mampu menahan pemberianmu, dan taka da yang mampu memberi apa yang engkau tahan, dan kekayaan seseorang tidak mampu menyelamatkannya dari siksamu di akhirat kelak”.

2.   Doa setelah sholat

Diriwayatkan Sa’id bin Abi Waqqash Sesungguhnya Rasulullah SAW menyelesaikan setiap sholat yang beliau melakukan doa setelah sholat fardhu yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

Artinya : “Ya Allah azza wa jalla sesungguhnya aku meminta perlindungan kepadamu dari sifat pelit, dan aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut, dan aku meminta perlindunganmu dari sifat pikun, dan aku berlindung kepadamu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepadamu dari adzab qubur” (H.R. Bukhari )

Allah SWT  senantiasa menjaga umatNya selagi menjalankan perintahnya dan melalui doa setelah sholat fardhu satu ini akan melindungi dari sifat pengecut serta sifat buruk lainnya.

3.   Doa setelah sholat

Ummu salamah berkata: Bahwa Rasulullah SAW melakukan doa setelah sholat fardhu yaitu sholat subuh:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

 

Artinya : “Ya Allah azza wa jalla, aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib, dan amalan yang diterima” H.R. Ahmad dan Ibnu Majah.

4.   doa setelah sholat

Diriwayatkan Mu’adz bin Jabal: Bahwa Rasulullah SAW memerintahkannya untuk tidak meninggalkan sholat di akhir dengan kalimat ini:

 

اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya : Ya Allah azza wa jalla, tolonglah aku untuk selalu mengingatmu, bersyukur dan baik dalam beribadah kepadamu) H.R. Abu Dawud dan Hanasai dengan sanad yang kuat.

Penjelasan doa setelah sholat fardhu tersebut akan memberikan umat muslim ilmu yang bermanfaat, dimudahkan rizkinya serta mengingatkan diri untuk selalu bersyukur.

3.  Keutamaan Melaksanakan Shalao 5 Waktu

Ada banyak keutamaan dalam melaksanakan sholat fardhu, dari segi kesehatan, sholat itu seperti orang berolahraga karena semua anggota tubuh bergerak. Berikut adalah delapan keutamaan melaksanakan sholat lima waktu:

1.   Mengingat Allah

Mengerjakan sholat lima waktu juga merupakan sarana bagi seorang hamba untuk selalu mengingat Tuhannya yang telah memberinya banyak kenikmatan.

Ibnu Katsir menjelaskan maksud dari surah Thaha ayat 14 adalah tidak berbicara tentang Aku dan menyembah-Ku tanpa menyekutukan-Ku, menurut salah satu pendapat. Hal ini sebagaimana pentingnya doa setelah sholat fardhu.

Arti yang dimaksud adalah memohon agar kamu mengingat-Ku. Menurut pendapat lain, maksudnya mendirikan sholat setiap kali menginga-Ku

2.   Menjadi Penolong

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa: Rasulullah SAW. ketika mendapatkan sebuah cobaan, maka beliau berdoa. Sabar itu ada dua macam, yaitu sabar meninggalkan yang haram dan dosa.

Sebar yang kedua adalah mengerjakan ketaatan dan amal saleh seperti melaukan doa setelah sholat fardhu. Tipe kedua ini lebih penting mengingat tujuan utamanya.

Adapun jenis kesabaran lainnya, yaitu kesabaran dalam menanggung berbagai macam musibah dan cobaan, jenis ini juga wajib; perkaranya sama dengan istighfar (meminta ampunan) dari segala macam celaan.

3.   Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Sholat mengandung dua hikmah, yaitu dapat menjadi pencegah terhadap perbuatan keji dan munkar, artinya dapat menjadi pengendalian diri dari kebiasaan melakukan kedua perbuatan tersebut.

Dan mendorong pelakunya untuk menghindarinya. Doa setelah sholat fardhu Abbas dalam marfu disebutkan: Barang siapa sholat tetap tidak dapat mencegah dirinya dari perbuatan tercelah maka tiada yang berpaling dari Allah.

4.   Penghapus Dosa

Sesungguhnya beramal dapat menghapus dosa-dosa sebelumnya, sebagaimana disebutkan Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang mukmin melakukan suatu dosa (kecil), maka ia berwudhu dan shalat dua rakaat, kecuali baginya (dosanya) diberikan ampunan.”

5.   Rasa Syukur Kepada Allah

Orang-orang yang beriman, ketika hendak shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai siku, usaplah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah.

Dan jika kamu sakit baik kamu pulang dari toilet atau kamu menyentuh wanita maka kamu tidak mendapatkan air maka tayammum dengan tanah (bersih) bersihkan wajah dan tanganmu dengan tanah itu.

Allah tidak ingin membuatmu sulit tetapi ingin mensucikanmu dan menyempurnakan nikmatmu atasmu, agar kamu bersyukur. Doa setelah sholat fardhu  membuat kamu selalu bersyukur seperti dalam QS. Al Maidah: 6 tersebut.

6.   Amalan Utama

Hal tersebut seperti ketika kamu melakukan doa setelah sholat fardhu dan akan mendapatkan banyak amalan seperti disampaikan dalam hadits Bukhari no. 7534 Fathul Bari] Sahih.

7.   Penghapus Semua Kesalahan

Dari Abu Hurairah yang mendengar Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Bagaimana pendapatmu jika di depan pintu salah satu rumahmu ada sungai, lalu dia mandi lima kali sehari? Apakah menurutmu masih ada kotoran (daki)? tertinggal dalam dirinya?” Para Sahabat menjawab, “Tidak akan ada lagi kotoran padanya.” Kemudian dia berkata, “Begitu juga dengan shalat lima waktu, dengan itu Allah akan menghapus semua kesalahan.”

Dalam sebuah hadits shahih yaitu Bukhari no. 528 Fathul Bari dijelaskan bahwa dengan melaksanakan sholat serta melakukan doa setelah sholat fardhu, maka Allah kaan menghapus semua keselahan.