Doa Setelah Sholat Dhuha Tulisan Arab dan Artinya
Doa Setelah Sholat Dhuha Tulisan Arab dan Artinya

Doa Setelah Sholat Dhuha Tulisan Arab dan Artinya

Sholat Dhuha adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Berbeda dengan sholat lima waktu, sholat Dhuha ini dikerjakan pada waktu tengah hari. Ada beberapa doa yang dapat dibaca setelah melaksanakan sholat Dhuha ini. Berikut ini adalah doa setelah sholat Dhuha tulisan arab dan artinya.

Doa Setelah Sholat Dhuha Tulisan Arab

Doa yang dapat dibaca setelah sholat Dhuha tulisan arab adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْحَالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْحَالِ

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً وَرِزْقاً طَيِّباً وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arti Doa Setelah Sholat Dhuha

Berikut ini adalah arti dari doa setelah sholat Dhuha yang dapat dibaca:

“Ya Allah, aku memohon kepadaMu kebaikan dalam segala hal dan aku berlindung kepadaMu dari keburukan dalam segala hal.”

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima (di sisi-Mu).”

Manfaat Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa setelah sholat Dhuha memiliki manfaat yang sangat besar bagi umat Islam. Dengan membaca doa ini, umat Islam dapat memohon kepada Allah SWT agar diberi kebaikan dalam segala hal dan dilindungi dari keburukan. Selain itu, doa juga akan menjadi penghantar untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amalan yang diterima di sisi Allah SWT.

Hadist Tentang Doa Setelah Sholat Dhuha

Ada beberapa hadist yang menyebutkan tentang keutamaan dan berkah yang diperoleh dari membaca doa setelah sholat Dhuha. Diantaranya adalah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa setelah sholat Dhuha: “Allahumma innii as-alukal khairal hhaalii wa a’udzubika min syarrii hhaalii” maka Allah akan memberinya tiga kebaikan: Pertama, Allah menjauhkan dirinya dari keburukan. Kedua, Allah menyediakan rezeki untuknya dan ketiga, Allah menyelamatkannya dari bahaya atau musibah.” (HR. Tirmidzi no. 467, Ibnu Majah no. 1318)

Kesimpulan

Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Islam pada waktu tengah hari. Setelah melaksanakan sholat Dhuha, umat Islam disunnahkan untuk membaca doa yang dapat menghantarkan mereka untuk mendapatkan kebaikan, rezeki yang halal serta amalan yang diterima di sisi Allah SWT. Karena itu, marilah kita terus membaca doa setelah sholat Dhuha tulisan arab dan artinya agar kita dapat menikmati manfaatnya.

Referensi

https://www.ilmusunnah.com/doa-setelah-sholat-dhuha-tulisan-arab-dan-artinya/