Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya
Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunah yang berisi rakaat yang dikerjakan di pagi hari. Sholat ini dilakukan dengan cara berdiri ketika membaca doa dan doa setelah sholat Dhuha juga memiliki arti yang luar biasa.

Mengapa Anda Harus Melakukan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunah yang dilakukan setelah sholat Fardhu. Sholat ini dianjurkan untuk dilakukan pada waktu yang tepat di antara matahari terbit hingga tengah hari. Banyak orang yang melakukan sholat ini karena mengikuti perintah Nabi Muhammad SAW. Perintah ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, yaitu:

“Barangsiapa melakukan shalat dhuha pada hari ini, akan diampuni dosanya yang telah lalu”. (HR. Muslim)

Sholat Dhuha juga dipercaya bisa menjadi penolong bagi orang yang berusaha mencapai kebaikan. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, beliau berkata:

“Barangsiapa yang berusaha untuk mencapai kebaikan, maka Allah SWT akan membantunya melalui sholat dhuha”. (HR. Bukhari)

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya

Setelah selesai melakukan sholat Dhuha, ada sebuah doa yang disebut doa setelah sholat Dhuha. Doa ini sebagai bentuk bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Doa ini seperti berikut ini:

“Ya Allah, Engkau telah menganugerahkan nikmat-Mu kepadaku dengan sholat ini, maka ampunilah aku atas segala dosaku dan berkatilah aku dengan keselamatan dan kesucian”.

Doa ini juga memiliki arti yang luar biasa. Artinya, melalui doa ini, seseorang bisa berterimakasih kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Selain itu, orang juga bisa memohon ampunan atas segala dosanya dan berkat untuk mendapatkan keselamatan dan kesucian.

Keutamaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa setelah sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan. Pertama, doa ini bisa menjadi bentuk bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Kedua, doa ini juga bisa dijadikan sebagai penghapus dosa. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yaitu:

“Barangsiapa yang membaca doa setelah sholat Dhuha, maka Allah SWT akan menghapus dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Tirmidzi)

Ketiga, doa ini juga bisa menjadi bentuk permohonan keselamatan dan kesucian. Seperti yang disebutkan dalam hadits yaitu:

“Barangsiapa yang membaca doa setelah sholat Dhuha, maka Allah SWT akan memberikan keselamatan dan kesucian kepadanya”. (HR. Abu Dawud)

Manfaat Sholat Dhuha dan Doa Setelahnya

Sholat Dhuha dan doa setelahnya memiliki banyak manfaat, yaitu:

1. Manfaat pertama adalah untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Dengan melakukan sholat Dhuha dan doa setelahnya, seseorang bisa meningkatkan ibadahnya dan mendapatkan ridho Allah SWT.

2. Manfaat kedua adalah untuk mendapatkan perlindungan. Dengan melakukan sholat Dhuha dan doa setelahnya, seseorang bisa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

3. Manfaat ketiga adalah untuk mendapatkan keselamatan dan kesucian. Dengan melakukan sholat Dhuha dan doa setelahnya, seseorang bisa mendapatkan keselamatan dan kesucian dari Allah SWT.

Kesimpulan

Sholat Dhuha dan doa setelahnya merupakan salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Sholat ini dilakukan untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Selain itu, sholat Dhuha dan doa setelahnya juga bisa menjadi penghapus dosa dan permohonan keselamatan dan kesucian.