Doa Setelah Sholat dan Artinya
Doa Setelah Sholat dan Artinya

Doa Setelah Sholat dan Artinya

Sholat adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi setiap muslim untuk dijalankan. Setelah melaksanakan sholat, ada beberapa doa yang harus dibaca agar mendapatkan pahala. Doa-doa tersebut juga memiliki makna yang sangat dalam.

Doa Setelah Sholat Fardhu

Setelah selesai melaksanakan sholat fardhu, biasanya kita akan melanjutkan dengan membaca doa setelah sholat fardhu. Doa ini berisi pujian kepada Allah SWT dan memohon ampunan dan karunia-Nya. Berikut adalah doa setelah sholat fardhu:

“Allahumma antas salamu wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalaali wal ikram”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baiknya yang memberikan keselamatan, dan dari-Mu datang segala keselamatan. Maha suci Engkau, ya Dzat yang memiliki kedudukan yang mulia dan kemuliaan.”

Doa Setelah Sholat Sunnah

Selain sholat fardhu, kita juga diwajibkan untuk melaksanakan sholat sunnah. Setelah sholat sunnah, kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat sunnah. Doa setelah sholat sunnah juga berisi pujian dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Berikut adalah doa setelah sholat sunnah:

“Allahumma inni a’udzu bika minal khubuthi wal kharathi, wa a’udzu bika minal jubni wal jununi, wa a’udzu bika minal haasidi wal harasi, wa a’udzu bika min ghalabati dzunnubii”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kejahatan dan keburukan. Aku berlindung pada-Mu dari kebodohan dan kejahilan. Aku berlindung pada-Mu dari kemalasan dan kemalangan. Aku berlindung kepada-Mu dari dosaku yang banyak.”

Doa Setelah Sholat Witir

Sholat witir adalah sholat yang diwajibkan bagi setiap muslim untuk dilaksanakan setiap malam. Setelah selesai melaksanakan sholat witir, biasanya kita akan melanjutkan dengan membaca doa setelah sholat witir. Doa setelah sholat witir ini berisi permohonan ampunan dan karunia dari Allah SWT. Berikut adalah doa setelah sholat witir:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun yang senang memberi pengampunan. Maka ampunilah aku.”

Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid

Selain sholat fardhu, sunnah, dan witir, kita juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahiyatul masjid. Setelah sholat tahiyatul masjid, biasanya kita akan melanjutkan dengan membaca doa setelah sholat tahiyatul masjid. Doa ini berisi pujian kepada Allah SWT dan memohon ampunan dan karunia-Nya. Berikut adalah doa setelah sholat tahiyatul masjid:

“Allahummaftahli abwaba rahmatik”

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah pintu rahmat-Mu.”

Doa Setelah Sholat Jum’at

Selain sholat fardhu, sunnah, witir, dan tahiyatul masjid, kita juga diwajibkan untuk melaksanakan sholat jum’at. Setelah selesai melaksanakan sholat jum’at, biasanya kita akan melanjutkan dengan membaca doa setelah sholat jum’at. Doa setelah sholat jum’at berisi permohonan ampunan dan karunia dari Allah SWT. Berikut adalah doa setelah sholat jum’at:

“Allahumma a’inni ala dzikrika wa shukrika wa husni ibadatik”

Artinya: “Ya Allah, bantulah aku untuk selalu mengingat Engkau, bersyukur kepada-Mu, dan melakukan ibadah yang baik kepada-Mu.”

Penutup

Itulah beberapa doa setelah sholat dan artinya. Semoga dengan membaca doa-doa tersebut akan mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Amin.