Doa Setelah Sholat Beserta Artinya
Doa Setelah Sholat Beserta Artinya

Doa Setelah Sholat Beserta Artinya

Umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk melaksanakan sholat lima waktu sehari. Sholat adalah salah satu ibadah yang dituntut oleh Allah SWT dan RasulNya untuk dilaksanakan secara benar dan konsisten. Setelah melaksanakan sholat, seorang muslim diharuskan untuk membaca doa. Doa setelah sholat adalah doa yang dibaca setelah selesainya sholat. Doa yang dibaca berdasarkan ajaran Islam dan telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa setelah sholat ini memiliki banyak manfaat, antara lain membantu orang untuk berfokus pada Allah, memberi pengingat kepada Allah, dan memohon kepada Allah untuk membawa berkah. Dengan membaca doa setelah sholat, kita dapat melatih diri dalam bersyukur dan berdoa kepada Allah. Berikut adalah doa setelah sholat beserta artinya.

Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang harus dibaca setelah melaksanakan sholat wajib. Doa ini diwajibkan bagi setiap orang yang telah melaksanakan sholat. Doa ini adalah:

“Allahumma antas salamu wa minkas salamu, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baik pemberi salam dan dari-Mu datang segala salam. Maha berkah Engkau, ya Dzat yang memiliki kemuliaan dan kebesaran.”

Doa Setelah Sholat Sunnah

Doa setelah sholat sunnah adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat sunnah. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini adalah:

“Allahumma inni as aluka min fadhlika wa rizqik wa rahmatika wa maghfiratika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari keutamaan-Mu, rezeki-Mu, rahmat-Mu dan ampunan-Mu.”

Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid

Doa setelah sholat tahiyatul masjid adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat tahiyatul masjid. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini adalah:

“Allahummaftah lee abwaba rahmatik.”

Artinya: “Ya Allah, bukakan bagiku pintu rahmat-Mu.”

Doa Setelah Sholat Witir

Doa setelah sholat witir adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat witir. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini adalah:

“Allahumma inna nasta-inuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu alaika wa nuthni alaikal khair, wa nashkuruka wala nakfuruka wa nakhla-u wa natruku mai yafjuruk.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu, memohon ampunan kepada-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memohon kebaikan dari-Mu, bersyukur kepada-Mu, tidak berkata dusta kepada-Mu, memohon perlindungan dari kesalahan dan dosa yang kami lakukan.”

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa setelah sholat dhuha adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat dhuha. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini adalah:

“Allahumma inni as aluka ilman naafi’an wa rizqon waasi’an wa amalan mubraman.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan amalan yang diterima.”

Doa Setelah Sholat Istikharah

Doa setelah sholat istikharah adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat istikharah. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini adalah:

“Allahumma inni astakhiruka bi ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa la aqdiru wa ta’lamu wa la a’lamu wa anta allamul ghuyub.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon keputusan dengan ilmu-Mu, memohon keputusan dengan kekuasaan-Mu dan memohon kepada-Mu keutamaan-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Menentukan dan tidak ada yang menentukan selain Engkau, Engkau Maha Mengetahui dan tidak ada yang mengetahui selain Engkau, dan Engkau Maha Mengetahui segala yang ghaib.”

Penutup

Itulah beberapa doa setelah sholat beserta artinya. Dengan membaca doa setelah sholat, kita dapat meningkatkan ketaatan kita kepada Allah SWT dan juga membantu kita untuk lebih dekat dengan-Nya. Oleh karena itu, marilah kita selalu mengingat untuk melaksanakan sholat dan juga membaca doa setelah sholat.