Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dan Artinya
Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dan Artinya

Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dan Artinya

Shalat adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Ia disebut sebagai rukun Islam yang kedua setelah syahadat. Shalat dianjurkan untuk dilakukan 5 kali dalam sehari. 5 waktu shalat tersebut adalah pada pagi hari, siang hari, sore hari, petang hari, dan malam hari. Setiap shalat, Anda diharuskan untuk membaca doa setelah shalat. Di bawah ini adalah doa setelah shalat 5 waktu lengkap dan artinya.

Doa Setelah Sholat Subuh

Doa setelah shalat subuh adalah doa yang dilafalkan setelah selesai melakukan shalat subuh. Doa ini adalah:“Allahumma antas salamu wa minkas salamu tabarakta ya dzal-jalali wal ikram.”Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat Yang Maha Penyayang dan Engkau juga sebagai sumber keselamatan. Maha Suci Engkau, ya Dzat Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengasih.”

Doa Setelah Sholat Zuhur

Doa setelah shalat zuhur adalah doa yang dilafalkan setelah selesai melakukan shalat zuhur. Doa ini adalah:“Allahumma aghfir li dhanbi wali wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wali wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa li wa la.”Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosaku yang lainnya, hingga tidak ada dosanya yang tertinggal.”

Doa Setelah Sholat Ashar

Doa setelah shalat ashar adalah doa yang dilafalkan setelah selesai melakukan shalat ashar. Doa ini adalah:“Allahumma laka sumtu wa alaika tawakkaltu wa ala rizq-ika aftartu.”Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, aku berserah diri kepada-Mu dan aku berharap pada rizki-Mu.”

Doa Setelah Sholat Maghrib

Doa setelah shalat maghrib adalah doa yang dilafalkan setelah selesai melakukan shalat maghrib. Doa ini adalah:“Allahumma baa’id bayni wa bayna qulubiyya, wa hafizhnaa min syirki wal kufri, wa aqdznaa bitaqwa, ya muqallibal quluub thabbit qalbi ‘ala dinik.”Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah antara kami dan hati-hati kami, lindungilah kami dari syirik dan kufur, dan teguhkanlah kami dengan tauhid. Ya Yang Maha Pengatur Hati, teguhkanlah hati kami di atas agama-Mu.”

Doa Setelah Sholat Isya

Doa setelah shalat isya adalah doa yang dilafalkan setelah selesai melakukan shalat Isya. Doa ini adalah:“Allahumma a’inni ‘ala thalikal ismi wal husni wa yassir li takwilahu.”Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku dengan membaca nama dan sifat-Mu dengan baik dan mudahkan aku dalam memahaminya.”

Doa Setelah Sholat Witir

Doa setelah shalat witir adalah doa yang dilafalkan setelah selesai melakukan shalat witir. Doa ini adalah:“Allahumma inni a’udzubika minal ghammi wal ahzab.”Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesedihan dan gangguan.”

Kesimpulan

Doa setelah shalat 5 waktu adalah doa yang dianjurkan untuk dilafalkan setelah selesai melakukan shalat. Doa-doa tersebut di atas adalah doa setelah shalat subuh, zuhur, ashar, maghrib, isya, dan witir. Doa-doa tersebut memiliki arti masing-masing yang harus dipahami dan diingat agar dapat dilafalkan dengan benar dan tepat. Semoga dengan mengetahui doa setelah shalat 5 waktu lengkap dan artinya ini, Anda dapat melakukan shalat dengan lebih baik dan benar.