Doa Setelah Selesai Sholat Dhuha dan Artinya
Doa Setelah Selesai Sholat Dhuha dan Artinya

Doa Setelah Selesai Sholat Dhuha dan Artinya

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan setiap hari pada pagi hari sebelum matahari terbit. Sholat dhuha dilakukan sebanyak 2 rakaat sampai 12 rakaat dengan diiringi dengan doa-doa khusus yang dianjurkan. Setelah sholat dhuha selesai, ada aturan khusus yang perlu diperhatikan yaitu melakukan doa setelah sholat dhuha. Doa setelah sholat dhuha ini punya keutamaan dan memiliki arti yang berbeda-beda.

Mengapa Doa Setelah Sholat Dhuha Dikatakan?

Doa setelah sholat dhuha dikatakan karena memiliki keutamaan yang tinggi. Doa yang dikatakan setelah sholat dhuha ini dapat mencegah orang yang melakukannya dari berbagai macam bahaya. Selain itu, doa setelah sholat dhuha juga berfungsi untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. Dengan demikian, doa setelah sholat dhuha ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

Apa Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya?

Doa setelah sholat dhuha yang paling umum adalah ‘Allahumma inni as’aluka min khairi ma sa’altu wa a’oodhu bika min syarri ma ja’altu. Artinya, “Ya Allah, sungguh aku meminta kebaikan yang aku minta dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku ciptakan.” Doa ini biasanya dikatakan sebanyak 3 kali. Selain itu, ada pula doa setelah sholat dhuha yang lain yaitu, “Subhanallahi walhamdulillahi wala ilaha illallah wallahu Akbar.” Artinya, “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar.” Doa ini juga biasanya dikatakan sebanyak 3 kali.

Keutamaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa setelah sholat dhuha memiliki keutamaan yang tinggi. Salah satunya adalah Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat dhuha dengan doa yang disebutkan tadi, maka Allah akan melindunginya dari kejahatan dunia dan akhirat.” (HR. Ahmad dan Baihaqi). Selain itu, Allah SWT juga akan melipatgandakan pahala bagi orang yang rajin melakukan doa setelah sholat dhuha. Allah SWT akan balas dengan pahala yang luar biasa.

Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Doa Setelah Sholat Dhuha?

Waktu terbaik untuk melakukan doa setelah sholat dhuha adalah segera setelah selesai sholat dhuha. Hal ini karena doa yang dikatakan setelah sholat dhuha akan memiliki keutamaan yang lebih besar. Selain itu, waktu setelah melakukan sholat dhuha juga merupakan waktu yang paling tepat untuk berdoa. Karena pada saat itulah, kita akan lebih dekat dengan Allah SWT.

Bagaimana Cara Mengerjakan Doa Setelah Sholat Dhuha?

Cara mengerjakan doa setelah sholat dhuha adalah dengan terserah dan mengangkat tangan sebelum mengerjakannya. Setelah itu, kita dapat membaca doa yang telah disebutkan di atas. Selain itu, kita juga dapat menambahkan doa-doa lainnya sesuai dengan keinginan kita. Setelah selesai membaca doa, jangan lupa untuk membaca salam dan duduk sebentar sebelum beranjak.

Kesimpulan

Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang cukup penting dan dianjurkan untuk dijalankan. Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha juga harus dikatakan. Doa setelah sholat dhuha memiliki keutamaan yang tinggi dan dapat mencegah kita dari berbagai macam bahaya. Cara mengerjakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengangkat tangan, membaca doa, dan membaca salam setelah selesai.