Doa Setelah Salat Idul Fitri dan Artinya
Doa Setelah Salat Idul Fitri dan Artinya

Doa Setelah Salat Idul Fitri dan Artinya

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah yang merupakan perayaan yang ditunggu-tunggu setiap tahun. Idul Fitri adalah hari raya umat muslim untuk mengakhiri bulan puasa Ramadan. Setelah selesai menunaikan salat Idul Fitri, ada beberapa doa yang sangat baik untuk dibaca.

Doa Setelah Salat Idul Fitri

Salat Idul Fitri adalah salat khusus yang dilakukan oleh umat Muslim di hari raya Idul Fitri. Doa setelah salat Idul Fitri yang paling umum dibaca adalah berikut ini:

“بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اَللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ، وَغَفِرْ لِي مِنْ خَطَايَايَ، وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ”

Artinya

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, berilah aku perlindungan dari api neraka dan ampunilah dosaku. Engkau Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

Doa Lainnya

Selain doa di atas, ada beberapa doa lain yang juga dapat dibaca setelah selesai salat Idul Fitri, antara lain:

“اللهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ وَغَفِرْ لِي ذَنْبِي وَاعْفُ عَنِّي وَارْحَمْنِي وَاهْدِنِي وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّ كُلِّ عَيْنٍ وَاجْعَلْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ”

Artinya

“Ya Allah, berilah aku perlindungan dari api neraka, ampunilah dosaku, maafkanlah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, jauhkan aku dari segala kejahatan, dan berikanlah kebaikan dimanapun aku berada.”

Doa Lainnya

Ada juga doa lain yang dapat dibaca setelah salat Idul Fitri, antara lain:

“اللهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ وَغَفِرْ لِي ذَنْبِي وَارْحَمْنِي وَاهْدِنِي وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّ كُلِّ الْعَيْنِ وَاجْعَلْ لِيَ الْخَيْرَ فِي كُلِّ مَكَانٍ”

Artinya

“Ya Allah, berilah aku perlindungan dari api neraka, ampunilah dosaku, maafkanlah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, jauhkan aku dari segala kejahatan, dan berikanlah kebaikan di mana pun aku berada.”

Doa Setelah Shalat Idul Fitri yang Baik untuk Dibaca

Selain doa-doa di atas, ada juga beberapa doa lain yang baik untuk dibaca setelah selesai salat Idul Fitri, antara lain:

“اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي وَتُرْحِمَنِي وَتُجَاوِزَ عَمَّا قَدْ أَفْطَرَتْ عَلَيَّ”

Artinya

“Ya Allah, dengan rahmat-Mu yang menyeluruh, aku memohon kepada-Mu agar Engkau ampuni dosaku, kasihanilah aku, dan maafkanlah aku atas apa yang telah aku lakukan.”

Kesimpulan

Doa setelah salat Idul Fitri adalah salah satu cara untuk mengakhiri perayaan Hari Raya Idul Fitri. Ada banyak doa yang dapat dibaca setelah salat Idul Fitri. Doa-doa tersebut adalah doa-doa yang baik untuk dibaca dan dipraktikkan. Dengan membaca doa setelah salat Idul Fitri, kita dapat memohon ampunan dan kasih sayang Allah SWT. Semoga kita mendapatkan ridho dan berkah-Nya.