Doa Setelah Membaca Alquran Beserta Artinya
Doa Setelah Membaca Alquran Beserta Artinya

Doa Setelah Membaca Alquran Beserta Artinya

Membaca Alquran memiliki banyak keutamaan yang sangat luar biasa. Beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW menyatakan bahwa orang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang besar dan menjadi orang yang dianggap utama di sisi Allah SWT. Di samping itu, membaca Alquran juga membuat manusia merasa nyaman dan tenang, dan mampu membuat orang yang sedang dalam kondisi lelah menjadi segar kembali.

Setelah kita membaca Alquran, kita diharapkan untuk memanjatkan doa atas keutamaan yang telah kita dapatkan. Berikut adalah beberapa doa setelah membaca Alquran beserta artinya:

1. Doa Sebagai Permohonan Kebaikan

“Ya Allah, ampunilah dosaku, jadikanlah Alquran ini hamba, rahmat dan nikmat-Mu bagiku. Tunjukkanlah aku jalan yang lurus.” (HR. Tirmidzi). Artinya, “Ya Allah, ampunilah dosaku dan jadikanlah Alquran ini sebagai hamba, rahmat dan nikmat-Mu bagiku. Tunjukkanlah aku jalan yang lurus agar aku tidak tersesat di jalan yang telah Engkau tentukan.”

2. Doa Sebagai Permintaan Keburukan Dihindari

“Ya Allah, jauhkanlah aku dari keburukan yang ada di dalam Alquran dan jauhkanlah aku dari keburukan yang lainnya.” (HR. Abu Dawud). Artinya, “Ya Allah, jauhkanlah aku dari keburukan yang ada di dalam Alquran dan jauhkanlah aku dari keburukan yang lainnya. Jadikanlah aku seorang yang berakhlak mulia.”

3. Doa Untuk Allah SWT Menghapuskan Keburukan

“Ya Allah, maafkanlah aku atas dosa-dosa yang telah aku lakukan. Jangan Engkau biarkan aku melakukan dosa-dosa yang telah Engkau larang. Jangan Engkau biarkan aku tersesat di jalan yang telah Engkau tentukan.” (HR. Tirmidzi). Artinya, “Ya Allah, maafkanlah aku atas dosa-dosa yang telah aku lakukan. Jangan Engkau biarkan aku melakukan dosa-dosa yang telah Engkau larang. Jangan Engkau biarkan aku tersesat di jalan yang telah Engkau tentukan.”

4. Doa Sebagai Permintaan Kebaikan

“Ya Allah, berkahilah aku dengan Alquran dan jadikanlah ia sebagai penyelamat bagiku. Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang berakhlak mulia.” (HR. Abu Dawud). Artinya, “Ya Allah, berkahilah aku dengan Alquran dan jadikanlah ia sebagai penyelamat bagiku. Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang berakhlak mulia. Jadikanlah aku seorang yang berbuat baik kepada orang lain.”

5. Doa Sebagai Permohonan Petunjuk

“Ya Allah, jadikanlah Alquran sebagai petunjuk bagiku. Jadikanlah aku seorang yang berjalan di atas jalan yang lurus.” (HR. Bukhari). Artinya, “Ya Allah, jadikanlah Alquran sebagai petunjuk bagiku. Jadikanlah aku seorang yang berjalan di atas jalan yang lurus agar aku tidak tersesat di jalan yang telah Engkau tentukan.”

6. Doa Sebagai Permintaan Kebaikan

“Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang berbuat baik. Jadikanlah aku seorang yang membaca Alquran dengan hati yang tulus.” (HR. Bukhari). Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang berbuat baik kepada orang lain. Jadikanlah aku seorang yang membaca Alquran dengan hati yang tulus agar aku dapat merasakan keutamaan yang ada di dalamnya.”

7. Doa Sebagai Pengharapan Diberi Hidayah

“Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang berhijrah kepada-Mu. Jadikanlah aku seorang yang mau menyegerakan diri untuk berbuat baik.” (HR. Bukhari). Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang berhijrah kepada-Mu. Jadikanlah aku seorang yang mau menyegerakan diri untuk berbuat baik agar aku dapat melakukan apa yang telah Engkau perintahkan.”

8. Doa Sebagai Permintaan Perlindungan

“Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka dan lindungilah aku dari setiap kejahatan.” (HR. Tirmidzi). Artinya, “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka dan lindungilah aku dari setiap kejahatan. Jadikanlah aku seorang yang terlindungi dari berbagai marabahaya.”

9. Doa Sebagai Permintaan Keutamaan

“Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang berguna dan berbuat baik. Jadikanlah aku seorang yang banyak menghafal Alquran.” (HR. Bukhari). Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang berguna dan berbuat baik. Jadikanlah aku seorang yang banyak menghafal Alquran agar aku dapat merasakan keutamaan yang ada di dalamnya.”

10. Doa Sebagai Permintaan Kebahagiaan

“Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang bahagia dan sejahtera di dunia dan di akhirat.” (HR. Muslim). Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang bahagia dan sejahtera di dunia dan di akhirat. Jadikanlah aku seorang yang mendapatkan kebahagiaan yang abadi.”

Kesimpulan

Doa sangat penting di dalam kehidupan seorang muslim. Doa setel