Doa Setelah Keluar Kamar Mandi dan Artinya
Doa Setelah Keluar Kamar Mandi dan Artinya

Doa Setelah Keluar Kamar Mandi dan Artinya

Kamar mandi adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Selain memenuhi kebutuhan fisiologis, kamar mandi juga bisa menjadi tempat bermeditasi bagi seseorang. Setelah selesai menggunakan kamar mandi, biasanya orang akan melakukan doa untuk mengungkapkan rasa syukur atas keselamatan yang diberikan Allah SWT. Pengajaran doa ini juga ditemukan dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW.

Doa setelah keluar dari kamar mandi ini disebut dengan doa istijabah dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini sangat bermanfaat untuk mengingatkan manusia atas nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah SWT, seperti air, privasi, keselamatan, dan kesehatan. Di samping itu, doa ini juga bisa menjadi sarana untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Untuk itu, mari kita simak doa setelah keluar kamar mandi dan artinya berikut ini.

Doa Setelah Keluar Kamar Mandi

Doa yang biasa dibaca setelah keluar dari kamar mandi adalah sebagai berikut:

“Alhamdulillahil-ladzi at’amana wa saqana, waj’alna muslimin wa laa munharin.”

Arti Doa Setelah Keluar Kamar Mandi

Doa ini berarti: “Segala puji bagi Allah yang memberi makan dan memenuhi kebutuhan (kita), dan memberikan keselamatan (kepada kita) serta menjadikan kita muslim dan tidak kafir.”

Doa ini mengajarkan kepada kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Di antaranya adalah makanan, privasi, keselamatan, dan kesehatan. Selain itu, doa ini juga mengingatkan kita untuk selalu beriman dan taat kepada Allah SWT.

Selain doa yang disebutkan di atas, ada juga beberapa doa lain yang bisa dibaca setelah keluar dari kamar mandi. Berikut adalah beberapa doa yang biasa dibaca:

“Alhamdulillahil-ladzi at’amana wa saqana, waj’alna minal muttaqin.” (Segala puji bagi Allah yang memberi makan dan memenuhi kebutuhan (kita) dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang bertakwa.)

“Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin.” (Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.)

“Subhanallah Walhamdulillah, Wala ilaha illallah Wallahu Akbar.” (Maha suci Allah, Segala puji bagi Allah, Tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar.)

Kesimpulan

Doa setelah keluar kamar mandi adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas keselamatan dan privasi yang diberikan Allah SWT. Doa ini juga bisa menjadi sarana untuk mengingatkan kita untuk selalu beriman dan taat kepada Allah SWT. Selain itu, doa ini juga bisa menjadi cara untuk mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.