Doa Setelah Istinja dan Artinya
Doa Setelah Istinja dan Artinya

Doa Setelah Istinja dan Artinya

Dalam Islam, istinja merupakan suatu tindakan untuk membersihkan diri dari najis setelah buang air kecil atau haid. Istinja mempunyai tujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Setelah melakukan istinja, Islam menganjurkan untuk membaca doa tertentu. Berikut adalah doa setelah istinja yang biasa dibaca.

Doa Istinja

Doa setelah istinja adalah sebagai berikut: “أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ” (Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan nama Allah yang bila disebut, tidak ada yang memberi mudharat di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).

Arti Doa Istinja

Doa istinja ini memiliki arti sebagai berikut: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan nama Allah yang bila disebut, tidak ada yang memberi mudharat di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Hikmah Membaca Doa Istinja

Membaca doa istinja memiliki banyak hikmah. Dengan membaca doa istinja, kita akan selalu mengingat kepada Allah karena membaca doa setelah istinja adalah salah satu bentuk ibadah. Membaca doa istinja juga memiliki makna untuk bersyukur karena Allah telah memberikan nikmat untuk membersihkan diri kita dari najis.

Keutamaan Membaca Doa Istinja

Membaca doa setelah istinja akan mendatangkan banyak keutamaan. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membasuh (istinja) dengan air, maka akan ada pahala baginya.” (HR. Ibnu Majah) Di antara keutamaan lainnya adalah Allah SWT akan menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah saw: “Setiap orang yang membasuh (istinja), maka Allah akan menghapus dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Ibnu Majah).

Larangan Tidak Membaca Doa Istinja

Islam melarang seseorang untuk tidak membaca doa setelah istinja. Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang tidak membaca doa setelah istinja maka dia telah melakukan dosa.” (HR. Abu Dawud) Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membaca doa setelah istinja.

Kapan Waktu Membaca Doa Istinja

Doa setelah istinja dibaca sesudah melakukan istinja. Doa ini hendaknya dibaca setelah seseorang telah selesai membersihkan diri dari najis. Jika seseorang lupa untuk membaca doa setelah istinja, maka ia wajib untuk membaca doa tersebut setelah mengingatnya.

Kesimpulan

Dalam Islam, istinja merupakan suatu tindakan untuk membersihkan diri dari najis setelah buang air kecil atau haid. Setelah melakukan istinja, disunnahkan untuk membaca doa istinja yang berbunyi: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan nama Allah yang bila disebut, tidak ada yang memberi mudharat di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. Membaca doa istinja ini memiliki banyak hikmah seperti mengingat kepada Allah, berterima kasih dan memohon ampunan dari Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu membaca doa setelah istinja.