Doa Setelah Iqomah dan Artinya
Doa Setelah Iqomah dan Artinya

Doa Setelah Iqomah dan Artinya

Doa setelah iqomah adalah doa yang dibaca seseorang setelah melakukan iqomah atau membaca adzan. Iqomah adalah mengumandangkan suara untuk memulai shalat. Iqomah menandakan bahwa shalat sudah dimulai, dan sebagai tanda ketaatan kepada Allah SWT. Setelah melakukan iqomah, diwajibkan bagi setiap muslim untuk melakukan doa setelah iqomah. Doa ini adalah doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT untuk memohon pertolongan dari-Nya. Ini adalah bagian dari ibadah yang penting bagi setiap muslim.

Doa Setelah Iqomah Lengkap

Doa setelah iqomah adalah doa yang dibaca seseorang setelah melakukan iqomah atau membaca adzan. Berikut adalah doa setelah iqomah yang dibaca: “Allahumma Rabba haadhihi-d da’watit taammah wa-s-salatu, aati Muhammadan wa-alaihi wa-as-haabihi ajma’in. Allahumma Rabbana aatina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan wa qina adhaaban naar (Ya Allah, Tuhan dari panggilan ini yang sempurna dan shalat ini, berikanlah kepada Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, Tuhan kami, berilah kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan dan lindungilah kami dari siksa api neraka).”

Arti Doa Setelah Iqomah

Doa setelah iqomah berarti mengajak Allah SWT untuk memohon karunia-Nya dan memberikan berkat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Doa ini juga meminta perlindungan dari Allah SWT dari segala bentuk marabahaya dan siksa api neraka. Doa setelah iqomah juga berarti berdoa agar Allah SWT memberikan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Hadits Tentang Doa Setelah Iqomah

Ada dua hadits yang berhubungan dengan doa setelah iqomah. Hadits pertama datang dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Setiap orang yang berdiri untuk melaksanakan shalat, maka ia telah mengumandangkan suara iqomah, maka berdoalah dengan doa yang telah aku ajarkan kepadamu, maka hendaklah ia berdoa dengan doa ini.” (HR. Bukhari). Hadits kedua datang dari ‘Aisyah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang mengumandangkan suara iqomah, maka hendaklah ia berdoa: Allahumma Rabbana aatina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan wa qina adhaaban naar (Ya Allah, Tuhan kami, berilah kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan dan lindungilah kami dari siksa api neraka).” (HR. Tirmidzi)

Kapan Doa Setelah Iqomah Dibaca?

Doa setelah iqomah dibaca setelah melakukan iqomah atau membaca adzan. Iqomah adalah mengumandangkan suara untuk memulai shalat. Iqomah menandakan bahwa shalat sudah dimulai, dan sebagai tanda ketaatan kepada Allah SWT. Orang yang akan melakukan shalat harus membaca doa setelah iqomah terlebih dahulu sebelum melakukan shalat. Doa ini dibaca ketika orang berdiri di tempat shalat sebelum imam memulai shalat.

Doa Setelah Iqomah dan Artinya untuk Wanita

Doa setelah iqomah yang dibaca oleh wanita sama dengan doa setelah iqomah yang dibaca oleh laki-laki. Doa yang dibaca oleh laki-laki dan wanita adalah “Allahumma Rabba haadhihi-d da’watit taammah wa-s-salatu, aati Muhammadan wa-alaihi wa-as-haabihi ajma’in. Allahumma Rabbana aatina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan wa qina adhaaban naar (Ya Allah, Tuhan dari panggilan ini yang sempurna dan shalat ini, berikanlah kepada Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, Tuhan kami, berilah kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan dan lindungilah kami dari siksa api neraka).”

Kesimpulan

Doa setelah iqomah adalah doa yang dibaca setelah melakukan iqomah atau membaca adzan. Doa ini berarti mengajak Allah SWT untuk memohon karunia-Nya dan memberikan berkat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Doa ini juga meminta perlindungan dari Allah SWT dari segala bentuk marabahaya dan siksa api neraka. Doa setelah iqomah dibaca ketika orang berdiri di tempat shalat sebelum imam memulai shalat, dan doa ini dibaca baik oleh laki-laki maupun wanita. Dengan demikian, doa setelah iqomah adalah bagian penting dari ibadah yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

Kesimpulan

Doa setelah iqomah adalah penting bagi setiap muslim untuk memohon perlindungan dan pertolongan Allah SWT. Doa ini harus dibaca ketika berdiri di tempat shalat sebelum imam memulai shalat, dan wajib dibaca baik oleh laki-laki maupun wanita. Dengan membaca doa setelah iqomah, kita dapat menunjukkan ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah SWT.