Doa Setelah Iqomah Beserta Artinya
Doa Setelah Iqomah Beserta Artinya

Doa Setelah Iqomah Beserta Artinya

Iqomah merupakan salah satu ritual yang berkaitan dengan shalat, dimana ada sebuah doa khusus yang harus dibaca setelah iqomah. Doa ini dibaca untuk membaca selamat kepada Allah dan menyampaikan permohonan yang tulus. Bagi para muslim yang ingin menjalankan ritual ibadah dengan sempurna, tentu sangat penting untuk mengetahui arti dan isi doa setelah iqomah.

Doa Setelah Iqomah

Doa setelah iqomah adalah sebagai berikut: “Allâhumma rabbânâ, lakal hamdu, antal qayyûmu, lâ ilâha illâ anta, lâ takunu mukminîn (‘alaihissalâtu wassalâm). Wa antal mukhlisîn (‘alaihissalâtu wassalâm). Wa antal hakîmîn (‘alaihissalâtu wassalâm). Bismillâhirrahmânirrahîm”. Doa ini merupakan doa yang diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibn Majah.

Arti Doa Setelah Iqomah

Berikut ini adalah arti doa setelah iqomah: “Ya Allah, Rabb kami, milikilah semua puji, Engkau adalah Penegak kebenaran, tidak ada yang berhak disembah selain Engkau. Engkau adalah pemelihara para hamba-Mu yang mu’min (Nabi Muhammad SAW). Engkau adalah pemelihara para hamba-Mu yang bertakwa (Nabi Ibrahim AS). Engkau adalah Hakim Yang Adil (Nabi Musa AS). Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”.

Hikmah Doa Setelah Iqomah

Ritual shalat merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Doa setelah iqomah dapat memberikan manfaat bagi para muslim yang melaksanakannya. Pertama, doa setelah iqomah akan mengingatkan kita pada keagungan Allah. Kedua, doa setelah iqomah akan mengingatkan kita pada ketaatan kepada Nabi Muhammad SAW, Nabi Ibrahim AS, dan Nabi Musa AS. Ketiga, doa setelah iqomah akan memberikan rasa syukur atas nikmat Allah.

Keutamaan Doa Setelah Iqomah

Keutamaan doa setelah iqomah dapat dilihat dari beberapa hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca doa setelah iqomah dengan penuh keikhlasan, maka Allah akan mengabulkan semua permohonannya.” (HR. Ahmad).

Tata Cara Baca Doa Setelah Iqomah

Ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan dalam membaca doa setelah iqomah. Pertama, baca doa setelah iqomah dengan tulus dan ikhlas. Kedua, baca dengan nada yang jelas dan tegas. Ketiga, baca doa sebagai bentuk penghormatan kepada Allah. Keempat, baca doa dengan berdiri dan tetap berdiri selama membaca doa.

Doa Setelah Iqomah dalam Doa Harian

Doa setelah iqomah juga dapat dibaca sebagai bagian dari doa harian. Doa harian adalah doa yang dibaca setiap hari oleh para muslim. Doa setelah iqomah dapat dibaca sebagai doa harian untuk meminta kepada Allah agar selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah. Selain itu, doa ini juga dapat membantu untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah dan memudahkan dalam menjalankan perintah-Nya.

Kesimpulan

Doa setelah iqomah merupakan doa yang dibaca setelah melakukan iqomah. Doa ini memiliki arti yang istimewa dan memiliki beberapa hikmah yang dapat memberikan manfaat bagi para muslim. Doa ini juga dapat dibaca sebagai bagian dari doa harian untuk membantu dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, para muslim disarankan untuk selalu ingat dan baca doa setelah iqomah setiap kali melaksanakan shalat.