Doa Setelah Berwudhu dengan Artinya
Doa Setelah Berwudhu dengan Artinya

Doa Setelah Berwudhu dengan Artinya

Berwudhu adalah salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi setiap muslim. Setiap kali wudhu, disunnahkan bagi kita untuk membaca doa setelah berwudhu. Pada kesempatan ini, kita akan membahas doa setelah berwudhu beserta artinya.

Doa Setelah Berwudhu

Doa setelah berwudhu adalah doa yang dibaca setelah selesai melakukan wudhu. Doa ini memiliki banyak versi, namun yang paling populer adalah doa berikut ini:

“اللَّهُمَّ اِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ اَنْ تَغْفِرَ لِيْ“

Arti Doa Setelah Berwudhu

Arti dari doa di atas adalah: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau ampuni aku”.

Keutamaan Doa Setelah Berwudhu

Doa setelah berwudhu adalah salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. Beliau menganjurkan para sahabatnya untuk membaca doa setelah berwudhu. Hal ini dikarenakan berbagai keutamaan yang terkandung di dalamnya. Di antaranya adalah:

  • Mengharapkan ampunan dari Allah SWT.
  • Meningkatkan iman dan keimanan.
  • Meningkatkan kemuliaan dan kehormatan.
  • Mendapatkan pahala dan keutamaan yang banyak.

Kapan Pentingnya Membaca Doa Setelah Berwudhu

Doa setelah berwudhu merupakan sebuah doa yang harus dibaca setiap kali kita melakukan wudhu. Hal ini dikarenakan doa ini merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Selain itu, doa ini juga merupakan cara untuk meminta ampun dan pengampunan dari-Nya.

Bacaan Doa Setelah Berwudhu Lainnya

Selain doa yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa doa lainnya yang bisa dibaca setelah melakukan wudhu. Di antaranya adalah:

  • “اللَّهُمَّ اِنِّيْ اسْتَوْدِعُكَ دِيْنِيْ وَأْمَانَتِيْ وَخَوَاتِيْمِ عَمَلِيْ” yang artinya “Ya Allah, aku serahkan kepada-Mu agamaku, kepercayaanku, dan akhir dari amalku”.
  • “اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيْ قَلْبِيْ نُوْراً وَفِيْ لِسَانِيْ نُوْراً وَفِيْ سَمْعِيْ نُوْراً وَعَنْ يَمِيْنِيْ نُوْراً وَعَنْ يَسَارِيْ نُوْراً” yang artinya “Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, di lidahku cahaya, di pendengaranku cahaya, di sebelah kananku cahaya, dan di sebelah kiriku cahaya”.
  • “اللَّهُمَّ اِنِّيْ تَوَضَّأْتُ بِالْوُضُوْءِ الْطَّهُوْرِ لِتَطْهِرَنِيْ مِنْ جَمِيْعِ ذُنُوْبِيْ” yang artinya “Ya Allah, aku telah berwudhu dengan wudhu yang bersih agar Engkau menyucikan aku dari segala dosa-dosaku”.

Demikianlah Doa Setelah Berwudhu dan Artinya

Demikianlah pembahasan mengenai doa setelah berwudhu beserta artinya. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jika kita selalu rutin membaca doa setelah berwudhu, maka kita akan mendapatkan banyak keutamaan dan pahala dari Allah SWT

Penutup

Itulah sekilas informasi mengenai doa setelah berwudhu beserta artinya. Mudah-mudahan dengan membaca doa ini kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pengampunan-Nya. Semoga dengan membaca doa ini kita semua akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.