Doa Setelah Berwudhu dan Artinya
Doa Setelah Berwudhu dan Artinya

Doa Setelah Berwudhu dan Artinya

Berwudhu merupakan salah satu ritus yang diwajibkan bagi umat islam saat akan melakukan ibadah. Selain itu, berwudhu juga dapat meningkatkan kualitas spiritual diri seseorang. Melakukan berwudhu dapat membantu seseorang untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Tak heran jika berwudhu selalu menjadi kewajiban yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang ingin melakukan ibadah.

Selain itu, berwudhu juga didahului oleh beberapa doa yang harus dilakukan. Biasanya, doa ini akan dibaca setelah selesai berwudhu. Ini semua dilakukan untuk menghormati Allah SWT dan meminta kepada-Nya keridhaan. Berikut ini adalah amalan doa setelah berwudhu dan artinya.

Doa Setelah Berwudhu dan Artinya

Doa pertama adalah “Allahumma antas salamu, wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram”. Doa ini artinya adalah “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang penuh keselamatan, dan dari-Mu datangnya keselamatan. Maha suci Engkau, ya Tuhan Yang Memiliki Kemuliaan dan Kemulian.”

Kemudian, doa kedua yang bisa dibaca adalah “Allahumma ini, wa a’udhu bika minal kufri, wal fasad”. Doa ini bermakna “Ya Allah, aku datang kepada-Mu dan aku berlindung pada-Mu dari kekufuran dan kemaksiatan.”.

Doa ketiga yang bisa dibaca setelah berwudhu adalah “Allahumma inni a’udhu bika minal khubuthi wal khaba’ith”. Doa ini artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kejahatan dan orang-orang yang jahat.”.

Selanjutnya, doa keempat yang bisa dibaca adalah “Allahumma ajirni minan naar”. Doa ini artinya adalah “Ya Allah, jauhkanlah aku dari api neraka.”.

Doa kelima yang bisa dibaca setelah berwudhu adalah “Allahumma inni as’aluka al husna”. Doa ini bermakna “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu pemberian yang terbaik.”.

Kemudian, doa keenam yang bisa dibaca adalah “Allahumma inni as’aluka al husna, wa a’udhu bika minal husna”. Doa ini artinya adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu pemberian yang terbaik, dan aku berlindung pada-Mu dari pemberian yang buruk.”.

Doa ketujuh yang bisa dibaca setelah berwudhu adalah “Allahumma inni a’udzubika min syarrima ajidu wa uhadhir”. Doa ini bermakna “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala yang berdosa dan yang menyakiti.”.

Selanjutnya, doa kedelapan yang bisa dibaca adalah “Allahumma ini a’udhu bika minal bahimati wal maghram”. Doa ini artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari segala bentuk kekejaman dan penindasan.”.

Doa kesembilan yang bisa dibaca setelah berwudhu adalah “Allahumma anzil alaihi min khoiri, wa a’udzu bika min syarrihi”. Doa ini bermakna “Ya Allah, turunkan kebaikan kepadaku dan aku berlindung pada-Mu dari kejahatannya.”.

Kemudian, doa kesepuluh yang bisa dibaca adalah “Allahumma a’inni ala dhikrika wa shukrika wa husni ibadatik”. Doa ini artinya adalah “Ya Allah, berilah aku kemampuan untuk selalu berdzikir, bersyukur, dan melakukan ibadah dengan baik kepada-Mu.”.

Kesimpulan

Dari amalan di atas, dapat disimpulkan bahwa doa setelah berwudhu memiliki makna yang luar biasa. Doa-doa tersebut merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan akan kebesaran Allah SWT. Dengan mengamalkan doa setelah berwudhu, semoga Allah SWT senantiasa memberikan ridha-Nya kepada kita semua.