Doa Setelah Berbuka Puasa Beserta Artinya
Doa Setelah Berbuka Puasa Beserta Artinya

Doa Setelah Berbuka Puasa Beserta Artinya

Ketika bulan Ramadan tiba, umat muslim di seluruh dunia berusaha untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik dan sempurna. Ibadah puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan dengan cara berpuasa selama seharian penuh dari subuh hingga terbenamnya matahari. Setelah berbuka puasa, umat muslim tidak hanya harus menghidupkan semangat berpuasa di hari berikutnya, tetapi juga harus menyebutkan doa setelah berbuka puasa. Doa ini merupakan cara umat muslim mengungkapkan rasa syukur dan mencari ampunan dari Allah SWT.

Doa Setelah Berbuka Puasa

Doa setelah berbuka puasa yang biasa dipanjatkan oleh umat muslim adalah “Dhohaa laka wa ‘alaa ‘ibaadika-shshalihiin, Ash-hadu an laa ilaaha illallahu wahdahu laa shareeka lahu, wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasooluhu”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Makanlah kamu untukku dan untuk hamba-hamba-Ku yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu baginya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya”.

Doa ini menegaskan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang harus disembah. Tidak ada tuhan selain Allah yang harus disembah. Selain itu, doa ini juga menegaskan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Doa ini merupakan cara untuk memuji dan menyembah Allah serta meminta ampunan dan rahmat-Nya.

Fadhilah Doa Setelah Berbuka Puasa

Doa setelah berbuka puasa memiliki beberapa keutamaan dan fadhilah. Hal ini karena doa itu mengandung pengakuan dan pemujaan terhadap Allah SWT. Dengan menyebutkan doa tersebut, orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Selain itu, orang yang berpuasa juga akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT dan akan dibukakan pintu-pintu rahmat-Nya.

Selain itu, doa tersebut juga dapat membantu orang yang berpuasa untuk menjaga kesucian dan keteguhan berpuasa. Dengan menyebutkan doa tersebut setiap kali berbuka puasa, orang yang berpuasa akan lebih semangat dalam berpuasa dan tidak akan terlena dalam berpuasa. Selain itu, doa tersebut juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian hati kepada orang yang berpuasa.

Doa Lain Setelah Berbuka Puasa

Selain doa di atas, ada beberapa doa lain yang dapat dipanjatkan setelah berbuka puasa. Salah satu doa yang dapat dipanjatkan adalah “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa alayka tawakkaltu wa ‘ala rizq-ika aftarthu”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, aku mengakui kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakkal kepada-Mu dan aku membuka puasa dengan rezeki yang Engkau berikan”.

Doa ini menegaskan kembali bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang harus disembah. Orang yang berpuasa harus bertawakkal kepada Allah dan mengakui bahwa rezeki yang didapatkan dalam berpuasa adalah rezeki yang diberikan oleh Allah. Dengan menyebutkan doa ini, orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Doa Lainnya

Ada beberapa doa lain yang dapat dipanjatkan setelah berbuka puasa. Salah satunya adalah “Allahumma inni as-aluka min fadhlik, wa rahmatik, wa ‘afiyatik, wa maghfiratik, wa ‘izzatik”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kelebihan-Mu, rahmat-Mu, kesehatan-Mu, ampunan-Mu dan kemuliaan-Mu”.

Doa ini mengungkapkan permohonan kepada Allah SWT agar mendapatkan kelebihan, rahmat, kesehatan, ampunan dan kemuliaan-Nya. Dengan menyebutkan doa ini, orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala dari Allah SWT dan akan diberikan kelebihan-Nya.

Kesimpulan

Doa setelah berbuka puasa merupakan cara umat muslim untuk mengungkapkan rasa syukur dan mencari ampunan dari Allah SWT. Doa yang biasa dipanjatkan adalah “Dhohaa laka wa ‘alaa ‘ibaadika-shshalihiin, Ash-hadu an laa ilaaha illallahu wahdahu laa shareeka lahu, wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasooluhu”. Doa ini memiliki beberapa keutamaan dan fadhilah, karena mengandung pengakuan dan pemujaan terhadap Allah SWT. Selain itu, ada beberapa doa lain yang dapat dipanjatkan setelah berbuka puasa yaitu “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa alayka tawakkaltu wa ‘ala rizq-ika aftarthu” dan “Allahumma inni as-aluka min fadhlik, wa rahmatik, wa ‘afiyatik, wa maghfiratik, wa ‘izzatik”. Dengan menyebutkan doa tersebut, orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala dan kelebihan dari Allah SWT.