Doa Setelah Adzan Maghrib dan Artinya
Doa Setelah Adzan Maghrib dan Artinya

Doa Setelah Adzan Maghrib dan Artinya

Setelah mendengar adzan Maghrib, para muslim diharuskan untuk segera mengucapkan doa yang disebut “Tahiyatul Masjid”. Doa ini penting untuk dilakukan agar mereka mendapat pahala dari Allah SWT. Doa ini mengandung makna yang sangat dalam yang membantu orang untuk merasakan kehadiran Allah SWT. Dalam kesempatan ini kita akan membahas arti lafadz doa setelah adzan Maghrib dan artinya.

Syarat Doa Setelah Adzan Maghrib

Doa setelah adzan Maghrib adalah doa yang harus dibaca oleh setiap muslim setelah mendengar adzan Maghrib. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum seseorang bisa mengucapkan doa ini. Pertama, orang harus berada di dalam rumah yang bersih dan telah dikunci. Kedua, orang harus berdiri di tempat yang suci, seperti masjid atau tempat ibadah lainnya. Ketiga, orang harus membaca doa dengan hati yang bersih dan tulus. Jika salah satu dari ketiga syarat ini tidak dipenuhi, maka doa tidak akan sah.

Lafaz Doa Setelah Adzan Maghrib

Doa setelah adzan Maghrib diawali dengan salam kepada Allah SWT, yaitu dengan mengucapkan “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”. Setelah itu, orang harus membaca doa berikut ini: “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa Ibrahima wa ‘alaa aali Ibrahim. Innaka Hamidum Majid”. Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad seperti engkau telah memberikan rahmat dan keberkahan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Pahala Doa Setelah Adzan Maghrib

Membaca doa setelah adzan Maghrib memiliki keutamaan dan pahala yang sangat besar. Menurut hadith Nabi Muhammad SAW, orang yang mengucapkan doa ini setelah mendengar adzan Maghrib akan dicatat 70 pahala. Dengan demikian, membaca doa setelah adzan Maghrib adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh pahala yang besar.

Keutamaan Doa Setelah Adzan Maghrib

Selain mendapatkan pahala yang besar, membaca doa setelah adzan Maghrib juga memiliki keutamaan lain. Hadith Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa orang yang mengucapkan doa setelah adzan Maghrib akan mendapatkan kemuliaan di surga. Allah SWT akan menyambut mereka dengan isyarat kearifan dan kemuliaan yang luar biasa. Selain itu, Allah SWT juga akan memberikan karunia dan anugerah kepada mereka.

Doa Setelah Adzan Maghrib Dalam Al-Quran

Doa setelah adzan Maghrib juga terdapat dalam Al-Quran, yaitu pada surat Al-Nisa ayat 103. Dalam ayat tersebut Allah SWT berfirman, “Dan hendaklah kamu berdiri (untuk salat) di waktu malam, kecuali sedikit dari pada itu, sedangkan (sebagian) orang-orangmu beristirahat. Kemudian ucapkanlah sebagian dari Al-Qur’an yang mudah-mudahan kamu mendapat rahmat.” Artinya, setelah mendengar adzan Maghrib, orang harus berdiri untuk salat malam dan membaca Al-Qur’an agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Doa Setelah Adzan Maghrib Berjamaah

Selain membaca doa setelah adzan Maghrib sendiri, orang juga dianjurkan untuk berjamaah melakukan doa tersebut. Berjamaah mengucapkan doa setelah adzan Maghrib memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menjaga shalat berjamaah di masjid, maka Allah akan menjaganya di surga.” Ini menunjukkan bahwa mengucapkan doa setelah adzan maghrib berjamaah juga memiliki keutamaan yang besar.

Kesimpulan

Doa setelah adzan Maghrib adalah doa yang harus dibaca oleh setiap muslim setelah mendengar adzan Maghrib. Doa tersebut memiliki makna yang sangat dalam yang membantu orang untuk merasakan kehadiran Allah SWT. Membaca doa tersebut memiliki pahala yang besar, mulai dari mendapatkan kemuliaan di surga hingga mendapatkan karunia dan anugerah dari Allah SWT. Oleh karena itu, setiap muslim harus rajin mengucapkan doa setelah adzan Maghrib untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.