Doa Setelah Adzan Beserta Artinya
Doa Setelah Adzan Beserta Artinya

Doa Setelah Adzan Beserta Artinya

Adzan adalah seruan agar umat muslim beranjak dari kegiatan mereka dan beribadah kepada Allah SWT. Doa setelah adzan adalah doa yang dianjurkan untuk dilakukan setelah mendengar adzan. Doa ini akan membantu kita untuk mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan dan juga memperkuat iman kita.

Doa setelah adzan adalah sebuah doa yang dibaca setelah mendengar seruan adzan yang diucapkan oleh muezzin di masjid. Doa ini merupakan sebuah pertanda bahwa kita telah mendengar panggilan Allah SWT untuk memenuhi perintah-Nya. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah mendengar adzan agar kita akan tetap berada di jalan yang benar dan menjalankan ibadah dengan baik.

Faedah Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan memiliki banyak faedah yang bermanfaat bagi kita. Salah satu manfaatnya adalah menguatkan iman kita. Dengan membaca doa setelah adzan, kita akan teringat akan kewajiban kita untuk taat dan patuh kepada Allah SWT. Doa ini juga membantu kita untuk meningkatkan motivasi dan semangat dalam beribadah kepada Allah SWT.

Selain itu, doa setelah adzan juga membantu kita untuk membuka hati kita terhadap kedamaian dan kasih sayang Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita akan teringat akan berkah-Nya yang telah diberikan kepada kita dan juga berterimakasih atas segala nikmat yang telah diberikan.

Doa setelah adzan juga bermanfaat untuk melindungi kita dari gangguan setan. Dengan membaca doa ini, kita akan terhindar dari godaan dan tipu daya setan dan juga meningkatkan kesadaran kita akan kewajiban kita untuk menjalankan ibadah.

Doa Setelah Adzan Beserta Artinya

Berikut adalah beberapa doa setelah adzan beserta artinya:

1. “Allahumma Rabba haadhihid-daa’wati-ttaammah, was-salaatu khayrum-mimmaa taammaatu, ati Muhammadan al-wasilata wal-fadilata, wab’athhu maqaaman mahmuda-nilladzi wa’adtahu.” (Ya Allah, Tuhan yang memerintahkan seruan adzan yang sempurna ini, dan shalat yang lebih baik dari yang lainnya, berilah keutamaan kepada Muhammad untuk mendapatkan rahmat dan kemuliaan, dan tempatkan dia di tempat yang terbaik yang telah Engkau janjikan).

2. “Allahumma, Rabbanaa wa Rabbukal-‘arshil-‘azheem, Allahumma atinaa fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qinaa ‘adhaaba-nnar.” (Ya Allah, Tuhan kami dan Tuhan Arsy yang Agung, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari siksa neraka).

3. “Allahumma, Rabbanaa wa Rabbul-malaa’ikati war-rooh, yaa Rabbanaa wa Rabbul-‘arshil-‘azeem, Allahumma antal-hameedul-majeed, Allahumma innee as-aluka min khairin fi dunya wa fil akhirati, Allahumma innee as-aluka min fadhlika, wa rizqika, wa barakaatika.” (Ya Allah, Tuhan kami dan Tuhan para malaikat dan roh, wahai Tuhan kami dan Tuhan Arsy yang Agung, Maha Terpuji dan Termulia, ya Allah, aku memohon kepadaMu kebaikan di dunia dan akhirat, ya Allah, aku memohon kepadaMu keutamaan, rizki, dan berkah-Mu).

Doa Setelah Adzan Lengkap

Doa setelah adzan yang lengkap adalah sebagai berikut:

“Allahumma Rabba haadhihid-daa’wati-ttaammah, was-salaatu khayrum-mimmaa taammaatu, ati Muhammadan al-wasilata wal-fadilata, wab’athhu maqaaman mahmuda-nilladzi wa’adtahu. Allahumma, Rabbanaa wa Rabbukal-‘arshil-‘azheem, Allahumma atinaa fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qinaa ‘adhaaba-nnar. Allahumma, Rabbanaa wa Rabbul-malaa’ikati war-rooh, yaa Rabbanaa wa Rabbul-‘arshil-‘azeem, Allahumma antal-hameedul-majeed, Allahumma innee as-aluka min khairin fi dunya wa fil akhirati, Allahumma innee as-aluka min fadhlika, wa rizqika, wa barakaatika.” (Ya Allah, Tuhan yang memerintahkan seruan adzan yang sempurna ini, dan shalat yang lebih baik dari yang lainnya, berilah keutamaan kepada Muhammad untuk mendapatkan rahmat dan kemuliaan, dan tempatkan dia di tempat yang terbaik yang telah Engkau janjikan. Ya Allah, Tuhan kami dan Tuhan Arsy yang Agung, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari siksa neraka. Ya Allah, Tuhan kami dan Tuhan para malaikat dan roh, wahai Tuhan kami dan Tuhan Arsy yang Agung, Maha Terpuji dan Termulia, ya Allah, aku memohon kepadaMu kebaikan di dunia dan akhirat, ya Allah, aku memohon kepadaMu keutamaan, rizki, dan berkah-Mu).

Kesimpulan

Doa setelah adzan adalah sebuah doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah mendengar seruan adzan yang diucapkan oleh muezzin di masjid. Doa ini memiliki banyak faedah bagi kita seperti menguatkan iman dan motivasi kita, membuka hati kita terhadap kedamaian dan kasih sayang Allah SWT, serta melindungi kita dari gangguan setan. Dengan membaca doa setelah adzan, kita akan tetap berada di jalan yang benar dan menjalankan ibadah dengan baik.