Doa Setelah Adzan, Apa Artinya?
Doa Setelah Adzan, Apa Artinya?

Doa Setelah Adzan, Apa Artinya?

Doa setelah adzan adalah doa yang dilantunkan setelah selesainya adzan. Doa ini juga disebut dengan Iqomah. Iqomah adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti kesediaan. Doa ini biasanya dilantunkan oleh Muadzin, atau orang yang mengumandangkan adzan. Setelah doa ini selesai, biasanya para jamaah di masjid akan melakukan shalat.

Doa setelah adzan diawali dengan menyebutkan nama Allah swt. yaitu “Allahu Akbar”. Kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan doa yang berisi panjang lebar menyebutkan sifat-sifat Allah yang Maha Agung. Doa setelah adzan juga berisi menyebutkan keagungan dan kemahakuasaan-Nya. Selain itu, doa ini juga berisi menyebutkan berbagai macam pujian kepada Allah swt.

Setelah itu, doa setelah adzan berlanjut dengan menyebutkan beberapa ayat Al-Quran seperti: “Alhamdulillahilladzi anzalahu walaytan wa qalaman wa ala kulli shayin qadir”. Doa ini berisi menyebutkan kemuliaan Allah swt. atas segala sesuatu yang telah diberikan-Nya kepada hamba-hamba-Nya. Setelah itu, doa ini berlanjut dengan menyebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Subhanallahi walhamdulillahi wa la ilaha illallah wallahu akbar”.

Doa setelah adzan juga berisi menyebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Rabbighfirlee wa tubu ilayhi”. Doa ini berisi memohon ampun kepada Allah swt. Setelah itu, doa ini berlanjut dengan menyebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Rabbana taqabbal minna innaka antas Sameeul Aleem”. Doa ini berisi permohonan kepada Allah swt. agar menerima doa-doa kita.

Setelah itu, doa setelah adzan berlanjut dengan menyebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Rabbana wa taqabbal dua”. Doa ini berisi memohon kepada Allah swt. agar menerima doa-doa kita. Setelah itu, doa ini berlanjut dengan menyebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Rabbana aatinna fiddunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qina adzaban nar”. Doa ini berisi memohon kepada Allah swt. agar memberikan kebaikan di dunia dan di akhirat, serta melindungi kita dari siksaan-Nya.

Selanjutnya, doa setelah adzan berlanjut dengan menyebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Rabbanaghfirlana wa liwalidainana wa lilmumineena yawma yaqumul hisab”. Doa ini berisi memohon kepada Allah swt. agar memberikan ampunan kepada kita, orang tua kita, dan orang-orang beriman pada hari pengadilan.

Setelah itu, doa setelah adzan berlanjut dengan menyebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Rabbana wa taqabbal minna innaka anta alssamiul aleem”. Doa ini berisi memohon kepada Allah swt. agar menerima doa-doa kita. Setelah itu, doa ini berlanjut dengan menyebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Rabbana aatina fid dunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qina adzaban nar”. Doa ini berisi memohon kepada Allah swt. agar memberikan kebaikan di dunia dan di akhirat, serta melindungi kita dari siksaan-Nya.

Pada akhir doa setelah adzan, biasanya akan disebutkan sebuah ayat yang berbunyi: “Rabbana la tuzigh quloobana ba’da idh hadaitana wa hab lana milladunka rahmah innaka antal Wahhab”. Doa ini berisi memohon kepada Allah swt. agar tidak mengubah hati kita setelah Dia memberikan petunjuk kepada kita, dan memberikan rahmat-Nya kepada kita.

Kesimpulan

Doa setelah adzan adalah doa yang dilantunkan setelah selesainya adzan. Doa ini biasanya disebut dengan Iqomah, yang memiliki arti kesediaan. Doa setelah adzan berisi panjang lebar menyebutkan sifat-sifat Allah yang Maha Agung, menyebutkan keagungan dan kemahakuasaan-Nya, serta berisi menyebutkan berbagai macam pujian kepada Allah swt. Doa ini juga berisi menyebutkan beberapa ayat Al-Quran yang berisi menyebutkan kemuliaan Allah swt. atas segala sesuatu yang telah diberikan-Nya kepada hamba-hamba-Nya.