Doa Sesudah Wudu dan Artinya
Doa Sesudah Wudu dan Artinya

Doa Sesudah Wudu dan Artinya

Mendirikan shalat lima waktu dalam sehari adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi setiap muslim. Shalat tidak saja merupakan ibadah ritual, tetapi juga sebagai bentuk kecintaan dan pengabdian terhadap Allah SWT. Sebelum melaksanakan shalat, seorang muslim harus melakukan wudu terlebih dahulu. Wudu adalah sucikan diri dari najis (kotoran) dengan cara mencuci bagian tertentu dari tubuh. Setiap muslim harus melakukan wudu dengan benar dan sesuai sunnah agar shalatnya diterima oleh Allah SWT. Setelah wudu, disunahkan untuk membaca doa sesudah wudu.

Doa sesudah wudu merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca setelah melakukan wudu. Doa sesudah wudu adalah sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan untuk melakukan wudu. Doa ini juga berfungsi untuk mengharapkan ampunan dari Allah SWT dan memohon perlindungan terhadap segala bentuk kejahatan.

Doa Sesudah Wudu dan Artinya

Doa sesudah wudu yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“اللَّهُمَّ اِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اللَّهُمَّ اِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia dan keluarga serta hartaku.”

Keutamaan Membaca Doa Sesudah Wudu

Membaca doa sesudah wudu memiliki banyak keutamaan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Berikut adalah beberapa keutamaan yang bisa anda dapatkan jika rutin membaca doa sesudah wudu:

1. Memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.

2. Memperoleh kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia dan keluarga serta harta.

3. Memohon perlindungan terhadap segala bentuk kejahatan.

4. Mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT.

Hadist Tentang Keutamaan Membaca Doa Sesudah Wudu

Berikut adalah hadist yang menjelaskan tentang keutamaan membaca doa sesudah wudu:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa yang melakukan wudhu dan berdoa, “Allahumma anta as-salaam wa minka as-salaam, tabaarakta ya dzal jalaali wal ikraam (Ya Allah Engkau adalah selamat, dari Engkau datang segala keselamatan. Maha suci Engkau ya Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Terpuji)” maka dia akan dibacakan dua kalimat (doa) yang tidak dibacakan untuk orang lain.” (HR. Muslim)

Keutamaan Lain Membaca Doa Sesudah Wudu

Selain memperoleh pahala dan ampunan dari Allah SWT, membaca doa sesudah wudu juga bisa memberikan keutamaan lain. Berikut adalah beberapa keutamaan lain yang bisa anda dapatkan jika rutin membaca doa sesudah wudu:

1. Mendapatkan ketenangan jiwa dan kesabaran.

2. Menjaga hati dari godaan syaitan.

3. Menambah rasa percaya diri.

4. Memperkuat pengendalian diri dari hal-hal yang diharamkan.

Hadist Tentang Keutamaan Lain Membaca Doa Sesudah Wudu

Berikut adalah hadist yang menjelaskan tentang keutamaan lain membaca doa sesudah wudu:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu lalu mengatakan, “Allahumma a’inni ala thalikal-isbaa’ (Ya Allah, tolonglah aku agar dapat berpegang teguh pada pencabangan ini),” maka baginya ada tujuh ratus (700) malaikat yang mengiringinya, ia menjadi tenteram dari godaan syaitan, dan ia akan diberikan kepercayaan diri.” (HR. Bukhari)

Kesimpulan

Membaca doa sesudah wudu merupakan hal yang dianjurkan untuk dilakukan setelah wudu. Kebiasaan rutin membaca doa sesudah wudu akan memberikan keutamaan seperti pahala dan ampunan dari Allah SWT, ketenangan jiwa, kesabaran, perlindungan dari godaan syaitan dan kepercayaan diri. Dengan berbagai keutamaan tersebut, kita bisa meraih keberkahan dari Allah SWT dalam hidup kita.