Doa Sesudah Wudlu dan Artinya
Doa Sesudah Wudlu dan Artinya

Doa Sesudah Wudlu dan Artinya

Wudlu adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim sebelum melakukan ibadah. Setelah melakukan wudlu, biasanya kita akan melakukan doa untuk mengakhiri ibadah wudlu.

Doa Sesudah Wudlu

Doa sesudah wudlu adalah doa yang dilakukan setelah selesai melakukan wudlu. Doa ini merupakan doa yang mustajab dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini diawali dengan tasyahud (menyebut nama Allah) dan ditutup dengan salam. Doa ini adalah sebagai berikut:

“A’uudzu billahi minash shaitanir rajim, Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Arrahmanirrahim. Maliki yawmiddin. Iyyaka na’budu wa iyyaka nastain. Ihdinas siratal mustaqim. Siratal ladzina an ‘amta ‘alaihim, ghairil maghdubi ‘alaihim walad dhallin.” (Q.S. Al-Faatihah : 1-7)

Arti Doa Sesudah Wudlu

Berikut adalah arti doa sesudah wudlu:

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada-Nya kami berserah dan hanya kepada-Nya kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan jalan orang-orang yang sesat.” (Q.S. Al-Faatihah : 1-7)

Keutamaan Doa Sesudah Wudlu

Ketika membaca doa sesudah wudlu, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dan keberkahan. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa ini setelah wudlu, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukan ibadah haji dan umrah secara bersamaan.” (HR. Abu Dawud).

Selain itu, dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa sesudah wudlu, maka Allah akan mengampuni semua dosanya yang dilakukannya di antara wudlu dan shalat berikutnya.” (HR. Tirmidzi).

Manfaat Doa Sesudah Wudlu

Doa sesudah wudlu sangatlah bermanfaat bagi setiap muslim. Dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan banyak keutamaan seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, doa ini juga akan menguatkan iman dan menambah kekuatan spiritual bagi setiap muslim.

Selain itu, doa sesudah wudlu juga membantu kita untuk bertaubat dan mensucikan diri dari segala dosanya. Doa ini juga akan membantu kita untuk melaksanakan ibadah dengan ikhlas dan penuh khusyu’. Dengan demikian, kita dapat memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.

Cara Membaca Doa Sesudah Wudlu

Doa sesudah wudlu adalah doa yang dibaca setelah melakukan wudlu. Cara membaca doa ini adalah dengan membaca tasyahud terlebih dahulu, kemudian membaca doa tersebut, dan akhirnya dengan membaca salam. Setelah itu, kita harus berdoa dengan ikhlas dan khusyu’ agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Doa sesudah wudlu merupakan salah satu doa yang sangat bermanfaat bagi setiap muslim. Dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dan keberkahan dari Allah SWT. Kita juga dapat mensucikan diri dari segala dosanya dan meningkatkan kemampuan spiritual kita. Oleh karena itu, marilah kita selalu melakukan doa sesudah wudlu agar hidup kita selalu dalam lindungan Allah SWT.