Doa Sesudah Tidur dan Artinya
Doa Sesudah Tidur dan Artinya

Doa Sesudah Tidur dan Artinya

Tidur adalah salah satu aktivitas yang penting setelah beraktivitas seharian. Kebanyakan orang menyempatkan waktu untuk beristirahat dan mengisi kembali energi yang hilang. Tidur juga dijadikan sebagai waktu untuk berdoa kepada Allah agar mendapatkan berkah dari-Nya. Maka tak heran jika banyak orang yang berdoa setelah mereka tidur.

Berdoa sebelum tidur dan setelah tidur adalah salah satu cara untuk mengabarkan kepada Allah bahwa kita ingin mendapatkan berkah dari-Nya. Di dalam Al-Quran juga disebutkan bahwa berdoa setelah tidur adalah salah satu cara untuk memohon ampunan dari Allah. Berikut adalah beberapa doa yang biasa disebutkan setelah tidur dan artinya.

Doa Setelah Tidur dan Artinya

1. Doa Setelah Bangun Tidur: “Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amatanaa wa ilaihin nushoor”. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati (dari tidur) dan kepada-Nya kami kembali”.

2. Doa Memohon Kebahagiaan: “Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid dariy wa qahriro”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan dari kegelisahan dan kesedihan, aku berlindung dari kemalasan dan kelemahan, aku berlindung dari kemalasan dan kemiskinan, aku berlindung dari (kejadian yang tidak diinginkan) dan kekerasan”.

3. Doa Untuk Kesehatan: “Allahumma laa tahrimnaa ajra, wa laa tudhillinaa ba’daz zalami”. Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau melarang kami dari mendapatkan kebaikan dan janganlah Engkau menghalangi kami dari menempuh jalan yang benar”.

4. Doa Agar Diberi Kebahagiaan: “Allahummaghfirlii warhamni wahdini warzuqni”. Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, berilah aku petunjuk dan berilah aku keberuntungan”.

5. Doa Agar Terhindar dari Kesulitan: “Allahumma innii as-aluka nisfas sya’aa, wa nisfal mawaaqi, wa nisfal mawaadi’, wa nisfal ma’aashi, wa nisfal makaari”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon setengah dari waktu, setengah dari tempat, setengah dari cara, setengah dari usaha dan setengah dari hasil”.

6. Doa Agar Diberi Kemudahan: “Allahumma inni as’aluka al ‘afwa wal ‘afiyah”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon keampunan dan kesehatan”.

7. Doa Agar Diberi Kebaikan: “Allahummaghfir lii waliwalidayya, wa ‘afini wa ahli wa shahbibi, wa maalii wa ‘amdi”. Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan berilah kebaikan kepada aku dan keluargaku, teman-temanku, hartaku dan pekerjaanku”.

8. Doa Agar Dilindungi dari Kejahatan: “Allahumma inni a’udzubika minal khubuthi wal khabaa-ith”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung dari segala kejahatan dan orang-orang yang jahat”.

9. Doa Agar Diberi Kebaikan: “Allahumma inni as’aluka al khayra kullah, wa ‘afiyatam min kulli syai’in, wa khairam min kulli syai’in, wa a’udzubika min syarri kulli syai’in”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebaikan-kebaikan dari-Mu, kesehatan dari segala sesuatu, kebaikan dari segala sesuatu dan perlindungan dari segala kejahatan”.

10. Doa Agar Diberi Keberkahan: “Allahumma inni as’aluka al baraka fi rizqii, wa al baraka fi dunyaaya, wa al baraka fi aakhirati”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon keberkahan dalam rezeki-Ku, keberkahan di dunia ini dan keberkahan di akhirat”.

Kesimpulan

Berdoa setelah tidur adalah salah satu cara untuk memohon ampunan dan berkah dari Allah. Terdapat beberapa doa yang biasa disebutkan setelah tidur dan artinya, mulai dari doa memohon kebahagiaan hingga doa agar diberi kebaikan dan keberkahan. Dengan berdoa setelah tidur, kita dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan Allah dan menarik berkah-Nya.