Doa Sesudah Tidur Beserta Artinya
Doa Sesudah Tidur Beserta Artinya

Doa Sesudah Tidur Beserta Artinya

Setelah kita beristirahat, wajib bagi kita untuk membaca doa sesudah tidur. Kebiasaan ini sudah menjadi budaya dan berbagai kalangan agama pun melakukannya. Dari mulai doa sesudah tidur yang sederhana hingga yang panjang, semuanya tidak ada salahnya untuk kita ucapkan. Lalu, apa saja doa sesudah tidur beserta artinya?

Doa Sesudah Tidur yang Singkat

Doa sesudah tidur yang singkat bisa kita ucapkan setelah beristirahat. Doa ini berisi pujian dan syukur kepada Allah sebagai pencipta segala sesuatu. Di antaranya doa berikut ini:

“Alhamdulillahilazi atas nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku.” Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku nikmat.”

Doa sesudah tidur ini juga dapat berupa doa berikut: “Allahumma la sahla illa ma ja-altahu sahlan wa anta taj-alul hazna idza syi-ta sahlan.” Artinya, “Ya Allah, tidak ada kemudahan selain yang Engkau berikan, dan Engkau yang menciptakan kemudahan jika mendapatkan kesulitan.”

Doa Sesudah Tidur yang Panjang

Selain doa sesudah tidur yang singkat, kita juga dapat membaca doa yang lebih panjang. Doa ini dituliskan dalam Al quran dan biasanya dibaca setelah kita beristirahat. Doa sesudah tidur yang panjang ini berisi puji-pujian dan syukur kepada Allah. Di antaranya adalah doa berikut ini:

“Subhana kallahumma wabi hamdika wata barakasmuka wata ‘ala jad-dika, wa la ilaha ghairuk.” Artinya, “Maha suci Engkau ya Allah, aku memujiMu, Maha berkatlah Engkau, dan kemuliaan ada pada tanganMu. Dan tidak ada yang disembah selain Engkau.”

Kemudian, juga ada doa berikut ini: “Allahumma ij’alni minal mu’minina waj’alni minadh dzalimina.” Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang beriman dan jauhkanlah aku dari orang-orang yang zalim.”

Manfaat Membaca Doa Sesudah Tidur

Membaca doa sesudah tidur tentu memiliki manfaat yang besar bagi kita. Dengan membaca doa, kita akan merasakan ketenangan dan kedamaian di hati. Selain itu, kita juga akan merasakan ketenangan dan kedamaian di hati. Kita juga akan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Hal ini juga akan membantu kita dalam menghadapi berbagai rintangan hidup.

Doa Sesudah Tidur yang Dibaca di Tempat Tertentu

Selain itu, ada doa sesudah tidur yang biasa dibaca di tempat-tempat tertentu. Doa ini biasanya dibaca setelah beristirahat agar kita mendapatkan kekuatan untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari. Di antaranya adalah doa berikut ini:

“Allahumma inni as-alukal ‘afwa wal ‘afiyata fil amri wal ‘aishati wal mahabbati wal kholaqati wal barakati” Artinya, “Ya Allah, aku mohon kepadaMu perlindungan, kesehatan dalam urusanku, hidup, cinta, dan kemuliaan.”

Kemudian, juga ada doa berikut ini: “Allahumma a’inni ‘ala dhikrika wa shukrika wa husni ibadatika” Artinya, “Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu ingat kepadaMu, bersyukur dan ikut beribadah dengan baik.”

Doa Sesudah Tidur Lainnya

Selain itu, kita juga dapat membaca doa sesudah tidur lainnya. Doa-doa ini berbeda-beda tergantung agama yang kita anut. Namun, semuanya mengandung inti yang sama yaitu untuk memohon perlindungan dan berkah kepada Allah. Di antara doa yang dapat kita baca adalah doa berikut ini:

“Allahumma bismika amutu wa ahya.” Artinya, “Ya Allah, dengan namaMu aku hidup dan mati.”

Doa sesudah tidur lainnya adalah doa berikut ini: “Allahumma ini as-alukal ‘afwa wal ‘afiyata fil amri wal ‘aishati wal mahabbati wal kholaqati wal barakati.” Artinya, “Ya Allah, aku mohon kepadaMu perlindungan, kesehatan dalam urusanku, hidup, cinta, dan kemuliaan.”

Kesimpulan

Doa sesudah tidur memiliki arti dan manfaat tersendiri untuk kita. Dengan membaca doa, kita dapat merasakan ketenangan dan kedamaian dalam hati. Selain itu, kita juga akan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita terus terhubung dengan Allah dengan selalu membaca doa sesudah tidur.