Doa Sesudah Tayamum dan Artinya
Doa Sesudah Tayamum dan Artinya

Doa Sesudah Tayamum dan Artinya

Tayamum adalah salah satu cara yang diperbolehkan dalam agama Islam untuk membersihkan diri dari hadast, yaitu ketika air tidak tersedia. Namun, selain tayamum, ada sebuah doa yang perlu dibaca setelah tayamum. Doa ini dikenal sebagai doa sesudah tayamum dan artinya. Doa ini akan membantu kita memperoleh ganjaran dari Allah.

Doa sesudah tayamum diawali dengan “Allahumma anta al-salaam wa minkal salaam, tabaarakta ya dzal jalaali wal ikraam”. Doa ini berarti: “Ya Allah, Engkau adalah dari keselamatan dan dari segala macam keselamatan, Maha Suci Engkau, Yang Maha Perkasa dan Maha Mulia.”

Doa sesudah tayamum juga mencakup beberapa ayat suci Al-Quran. Salah satunya adalah ayat dari surat Al-A’raf: “Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik”. Ayat ini berarti bahwa Allah akan memberikan ganjaran kepada orang-orang yang berbuat baik, termasuk orang-orang yang melakukan tayamum.

Selain ayat dari Al-Quran, doa sesudah tayamum juga mencakup beberapa doa. Salah satu doa yang dibaca adalah: “Allahumma a’inni ala dhikrika wa shukrika wa husni ibadatika”. Doa ini berarti: “Ya Allah, tolong beri kesempatan kepada saya untuk selalu mengingat-Mu, mengucapkan syukur kepada-Mu dan melakukan ibadah yang baik kepada-Mu”.

Selain itu, doa sesudah tayamum juga mencakup beberapa doa lain. Salah satu doa yang dibaca adalah: “Allahumma ihdinii fi amri kullihi wa alhiqnii bih”. Doa ini berarti: “Ya Allah, tolong beri petunjuk kepada saya dalam semua urusan dan keputusan saya”.

Doa lain yang dibaca adalah: “Allahumma a’inni ala thikrika wa shukrika wa husni ‘ibaadatik”. Doa ini berarti: “Ya Allah, tolong beri kesempatan kepada saya untuk selalu mengingat-Mu, mengucapkan syukur kepada-Mu dan melakukan ibadah yang baik kepada-Mu”.

Doa yang dibaca setelah tayamum selain ayat-ayat suci Al-Quran dan doa-doa tersebut di atas, juga mencakup doa lain yang berisi permohonan kepada Allah untuk diberi kebaikan dan keselamatan. Salah satu doa yang dibaca adalah: “Allahumma inni a’udzu bika min kulli dzaalimin wa jaanin”. Doa ini berarti: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari segala bentuk kejahatan dan keburukan”.

Doa lainnya adalah: “Allahumma inni as’aluka bi-rahmatika wa birahmatika wa birahmatika wa bika ‘ala kulli hal”. Doa ini berarti: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu, kebaikan-Mu dan kasih sayang-Mu, dan aku meminta pertolongan-Mu dalam segala hal”.

Doa sesudah tayamum juga mencakup beberapa doa lain yang berisi permohonan untuk diberikan keselamatan. Salah satu doa yang dibaca adalah: “Allahumma inni as’aluka al-huda wa al-‘amal ushulih”. Doa ini berarti: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk petunjuk dan untuk mengikuti jalan yang benar”.

Doa lainnya adalah: “Allahumma inni as’aluka al-jannah wa ‘adhaab al-naar”. Doa ini berarti: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk surga dan untuk menghindari api neraka”.

Kesimpulan

Doa sesudah tayamum adalah cara untuk memohon kepada Allah agar diberikan keselamatan dan ganjaran. Doa ini diawali dengan “Allahumma anta al-salaam wa minkal salaam, tabaarakta ya dzal jalaali wal ikraam”, dan mencakup ayat suci Al-Quran, doa-doa, dan permohonan untuk diberikan keselamatan. Dengan mengucapkan doa sesudah tayamum, kita dapat memperoleh ganjaran dari Allah.