Doa Sesudah Tarawih dan Artinya
Doa Sesudah Tarawih dan Artinya

Doa Sesudah Tarawih dan Artinya

Ramadan adalah salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Di bulan Ramadan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan menjalankan ibadah shalat tarawih. Selain itu, biasanya umat muslim juga membaca doa sesudah shalat tarawih. Sebelum membaca doa sesudah shalat tarawih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, umat muslim harus menunaikan shalat tarawih dengan niat yang ikhlas. Jadi, saat kita berdoa sesudah tarawih, doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Kedua, umat muslim harus mengucapkan doa sesudah tarawih dengan lafadz yang benar. Dengan cara ini, doa yang kita panjatkan akan memiliki makna yang lebih mendalam. Ketiga, umat muslim harus mengucapkan doa sesudah tarawih dengan hati yang ikhlas. Jadi, doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa sesudah tarawih dan artinya yang paling banyak dibaca oleh umat muslim adalah berikut ini. Pertama, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annee. Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku”. Kedua, “Allahumma laa takilnee ilaa nafsee tarfata ‘ayn. Artinya, “Ya Allah, janganlah Engkau biarkan aku menghadapi musibah yang sangat besar”. Ketiga, “Allahumma antal mawlaa, wa antal qawiim”. Artinya, “Ya Allah, Engkau adalah penguasa dan pemelihara”.

Selain itu, ada juga doa sesudah tarawih dan artinya yang bisa dibaca oleh umat muslim. Pertama, “Allahumma innii as-aluka min fadhlik artinya, “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu keutamaan-Mu”. Kedua, “Allahumma a’innee ala thohiriyyati wal ahyaa”. Artinya, “Ya Allah, berikanlah aku kekuatan untuk beribadah dan hidup”. Ketiga, “Allahumma a’innee ala al qolbi sakinata wa ala al jasadi saliima”. Artinya, “Ya Allah, berikanlah aku kekuatan untuk menjaga jiwa dan tubuhku dengan baik”.

Oleh karena itu, penting bagi umat muslim untuk membaca doa sesudah tarawih dan mengetahui artinya. Dengan membaca doa sesudah tarawih dan mengetahui artinya, umat muslim dapat lebih menghayati ibadah shalat tarawih yang dilakukan.

Kesimpulan

Doa sesudah tarawih adalah doa yang biasa dibaca oleh umat muslim setelah melaksanakan shalat tarawih. Doa sesudah tarawih memiliki beberapa manfaat, seperti membantu umat muslim menghayati ibadah shalat tarawih dan memohon kepada Allah SWT agar berbagai macam permohonan dikabulkan. Oleh karena itu, penting bagi umat muslim untuk membaca doa sesudah tarawih dan mengetahui artinya.