Doa Sesudah Sholat Tarawih dan Artinya
Doa Sesudah Sholat Tarawih dan Artinya

Doa Sesudah Sholat Tarawih dan Artinya

Setiap umat muslim pasti tahu dan mengetahui tentang ibadah sholat Tarawih. Ibadah yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan ini merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Namun, tahukah Anda tentang doa sesudah sholat tarawih yang biasa diucapkan?

Doa sesudah sholat tarawih adalah doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk diucapkan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Berikut adalah doa tersebut dan artinya:

Doa Sesudah Sholat Tarawih

“Allahumma lakal-hamd, Anta qaiyimu l-dina, wa-man sabaqta bihi, wa-l-‘aafiyah li-man tafalu bihi, wa-l-‘aazhamah li-man tardha bihi, wa-l-‘afwaj li-man tadalu bihi, wa-z-zillu li-man takuluhu, wa-n-na’amu li-man tahdzuhu, wa-l-qawlu li-man taquluhu, wa-l-‘amru li-man yamlu bihi, wa-l-ma’aarifu li-man yamsaku bihi, wa-l-jawadu li-man tajiduhu, wa-l-fadlu li-man ta’lamuhu, fa-‘alayka tawakkaltu wa-ilayka anabtu wa-ilayka hakamtu bi-‘amri Rabbi wa-Rabbee, wa-ilayka ‘alaytu wa-ilayka ruju’u”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Artinya: “Ya Allah, segala puji hanya milik Engkau, Engkau yang menetapkan agama dan orang yang mengikutinya, nikmat kesehatan bagi orang yang mengikutinya, kekuatan bagi orang yang menyandangnya, kemuliaan bagi orang yang meneladannya, kemurahan bagi orang yang makan, dan kebaikan bagi orang yang menghirupnya, dan perkataan bagi orang yang mengucapkannya, dan keputusan bagi orang yang mengamalkannya, dan ilmu bagi orang yang mencari tahu, dan kemampuan bagi orang yang mencari, dan kebaikan bagi orang yang mencari, maka aku bertawakkal kepada Engkau, aku kembali kepada Engkau, aku berhukum dengan hukum-Mu, Rabb kami dan Tuhan kami, dan aku menghadap kepada Engkau dan kembali kepada Engkau.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dianjurkan Membaca Doa Sesudah Sholat Tarawih

Selain dari doa sesudah sholat tarawih di atas, para ulama juga menyarankan untuk membaca doa-doa dalam Al-Qur’an setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Salah satunya adalah doa yang terdapat dalam surat Al-Mulk ayat 2 yang artinya: “Maha Suci Allah yang telah memberikan kepada kami segala kenikmatan dan yang tidak pernah menghendaki adanya kemudharatan bagi kami.”

Selain itu, para ulama juga menganjurkan untuk membaca doa-doa lainnya yang terdapat dalam Al-Qur’an seperti doa yang terdapat dalam surat Yasin ayat 82, surat Al-Mulk ayat 15 dan surat Al-Maidah ayat 115. Semua doa tersebut akan memberikan keberkahan bagi umat muslim yang melaksanakannya.

Pentingnya Doa Sesudah Sholat Tarawih

Doa sesudah sholat tarawih memiliki peran yang sangat penting bagi umat muslim. Hal ini karena doa ini merupakan cara untuk berdoa kepada Allah SWT dan memohon keberkahan dari-Nya. Dengan membaca doa-doa tersebut, umat muslim akan dapat merasakan manfaat dari ibadah sholat tarawih yang mereka lakukan.

Selain itu, doa sesudah sholat tarawih juga sangat bermanfaat untuk menyempurnakan ibadah sholat tarawih tersebut. Dengan membaca doa tersebut, maka ibadah sholat tarawih akan menjadi lebih sempurna dan berkesan bagi umat muslim. Hal ini karena doa tersebut seolah-olah menjadi penutup dari ibadah sholat tarawih tersebut.

Akhirnya

Doa sesudah sholat tarawih adalah doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk diucapkan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Doa tersebut dapat membantu umat muslim untuk merasakan manfaat dari ibadah sholat tarawih dan juga menyempurnakan ibadah tersebut. Oleh karena itu, umat muslim disarankan untuk membaca doa tersebut setelah melaksanakan sholat tarawih.

Kesimpulan

Doa sesudah sholat tarawih adalah doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk diucapkan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Doa tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam membantu umat muslim untuk merasakan manfaat dari ibadah sholat tarawih dan juga menyempurnakan ibadah tersebut. Oleh karena itu, umat muslim disarankan untuk membaca doa tersebut setelah melaksanakan sholat tarawih.