Doa Sesudah Sholat Tahajud dan Artinya
Doa Sesudah Sholat Tahajud dan Artinya

Doa Sesudah Sholat Tahajud dan Artinya

Sholat tahajud atau shalat malam adalah salah satu bentuk ibadah yang dikerjakan umat muslim. Biasanya shalat tahajud diikuti dengan doa-doa tertentu. Namun, tahukah Anda apa saja doa-doa yang biasanya dibaca sesudah shalat tahajud dan artinya?

Doa Sesudah Sholat Tahajud dan Artinya

Doa pertama yang biasanya dibaca setelah shalat tahajud adalah doa berikut ini: أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ. Doa ini memiliki arti “Aku memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya”. Doa ini diambil dari firman Allah SWT dalam Surat Al-A’raaf ayat 206.

Selain itu, biasanya umat muslim juga mengucapkan doa berikut ini: “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ”. Doa ini memiliki arti “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit”. Doa ini diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Al-Bayhaqi.

Selain itu, ada juga doa berikut ini: رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ. Doa ini memiliki arti “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan berilah rahmat kepadaku, karena Engkau adalah Yang Maha Penyayang”. Doa ini diambil dari firman Allah SWT dalam Surat Al-Mu’min ayat 118.

Selain itu, umat muslim juga biasanya mengucapkan doa berikut ini: رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ. Doa ini memiliki arti “Ya Tuhanku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui doa-doa hamba-Mu”. Doa ini diambil dari firman Allah SWT dalam Surat Al-Ahqaf ayat 15.

Selain itu, umat muslim juga biasanya mengucapkan doa berikut ini: اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي. Doa ini memiliki arti “Ya Allah, sempurnakanlah agama yang merupakan pelindung bagi urusanku, sempurnakanlah dunia yang merupakan tempat hidupku, dan sempurnakanlah akhirat yang merupakan tempat kembaliku”. Doa ini diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Ibn Majah.

Selain itu, ada juga doa berikut ini: اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ. Doa ini memiliki arti “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka”. Doa ini diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Al-Tirmidzi.

Penutup

Itulah beberapa doa yang biasanya dibaca sesudah shalat tahajud dan artinya. Diharapkan, dengan membaca doa-doa tersebut, semoga Anda dapat meraih berkah dan keberkahan dari Allah SWT. Amin.