Doa Sesudah Sholat Dhuha dan Artinya
Doa Sesudah Sholat Dhuha dan Artinya

Doa Sesudah Sholat Dhuha dan Artinya

Shalat Dhuha adalah shalat wajib yang dilakukan pada waktu dhuha. Doa-doa yang khusus untuk shalat Dhuha dan juga artinya memiliki makna yang berbeda-beda. Oleh karena itu, para jamaah yang melaksanakan shalat Dhuha sangat penting untuk mengetahui doa-doa tersebut dan artinya.

Doa sesudah shalat Dhuha yang akan dijelaskan berikut ini adalah sebagai berikut:

1. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma lakal-hamdu anta qaiyimun bi-niyamika wa laa tukhillu bi-niyamika”

Artinya, “Ya Allah, segala puji milik-Mu, Engkau Maha Berdiri dengan kehendak-Mu dan Engkau Maha Berdiri dengan kehendak-Mu”.

2. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma la sahla illaa ma ja’altahu sahlan wa anta taj-alul-hazna izha wa laa-kal-hamdu”

Artinya, “Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau jadikan mudah dan Engkau Maha Menetapkan kemudahan dan segala puji milik-Mu”.

3. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma laa takilnee ilaa nafsi tarfata ‘aynin wa laa haula wa laa quwwata illa bika”

Artinya, “Ya Allah, jangan Engkau biarkan aku berpaling dari diri sendiri walau sekejap mata dan tidak ada kekuatan dan daya kecuali dengan pertolongan-Mu”.

4. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma inniy as-aluka bikalimatikal- a’zham wa bi-rahmatikal-a’zham wa bijam’ikal-a’zham wa bi-fadhlikal-a’zham”

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan kalimat-Mu yang paling agung, dengan rahmat-Mu yang paling agung, dengan sempurnaan-Mu yang paling agung dan dengan anugerah-Mu yang paling agung”.

5. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma innaa nasta’iinuka bimaa laa tudrikuhu ajruhu wa laa nuqsaanu bihii”

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu dengan apa yang tidak akan membela kami dari pahala dan tidak akan menyebabkan kerugian bagi kami”.

6. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma laa tahrimnaa a’maa lanaa wa laa tuqdhaa dhaalika ‘alaynaa wa laa tu’aaththibnaa bihii”

Artinya, “Ya Allah, jangan Engkau haramkan kami dari apa yang telah Engkau berikan kepada kami dan jangan Engkau menimpakan dosa atas kami dengan itu dan jangan Engkau menghukum kami dengan itu”.

7. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma laa tu’izzu man ‘aataahul-‘azma wa laa tughni man ghafara lahu”

Artinya, “Ya Allah, jangan Engkau menghinakan orang yang Engkau berikan pengaruh (kekuasaan) kepadanya dan jangan Engkau menghinakan orang yang Engkau beri ampunan”.

8. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma laa tu’izzu man ‘aataahul-‘azma wa laa tughni man ghafara lahu”

Artinya, “Ya Allah, jangan Engkau menghinakan orang yang Engkau berikan pengaruh (kekuasaan) kepadanya dan jangan Engkau menghinakan orang yang Engkau beri ampunan”.

9. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma laa taj’alnaa a’daa-an ilaa qawmin laa yuminuun”

Artinya, “Ya Allah, jangan Engkau jadikan kami menjadi lawan bagi orang-orang yang tidak beriman”.

10. Doa Sesudah Shalat Dhuha: “Allaahumma laa tuqdhaa ‘alaa qawmin bi-maa laa yaf’aluun”

Artinya, “Ya Allah, janganlah Engkau menimpakan dosa terhadap orang-orang yang tidak melakukan apa-apa”.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa doa sesudah shalat Dhuha dan artinya yang dapat Anda gunakan sebagai bacaan doa setelah shalat Dhuha. Semoga dengan membaca doa-doa tersebut, shalat Dhuha Anda akan mendapatkan pahala yang besar dan keutamaan yang luar biasa.