Doa Sesudah Sholat Dhuha Beserta Artinya
Doa Sesudah Sholat Dhuha Beserta Artinya

Doa Sesudah Sholat Dhuha Beserta Artinya

Sholat dhuha merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan. Jika Anda melaksanakannya dengan ikhlas, insya Allah Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Setelah melaksanakan sholat dhuha, Anda pun harus menggunakan doa sesudah sholat dhuha untuk meningkatkan pahala ibadah yang Anda lakukan. Berikut adalah doa sesudah sholat dhuha beserta artinya.

Doa Sesudah Sholat Dhuha

Berikut ini adalah doa sesudah sholat dhuha yang biasa digunakan oleh umat Islam:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينِي وَأَمَانَتِي وَخَوَاتِيمَ عَمَلِي وَأَسْلِمْتُ أَنَّفُسِي إِلَى اللَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya

“Aku menitipkan agama, amanat, puncak kesempurnaan amal, dan aku berserah diri kepada Allah Rabb semesta alam.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Dhuha

Ada beberapa keutamaan yang bisa Anda dapatkan dengan membaca doa sesudah sholat dhuha, antara lain:

  • Membantu meningkatkan keikhlasan hati.
  • Meningkatkan keimanan kepada Allah.
  • Meningkatkan rasa syukur kepada Allah.
  • Meningkatkan kemampuan untuk menjadi hamba yang bertakwa kepada Allah.

Dengan rutin membaca doa sesudah sholat dhuha, insya Allah Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dan keutamaan yang disebutkan di atas.

Dalil Tentang Keutamaan Doa Sesudah Sholat Dhuha

Berikut ini adalah dalil tentang keutamaan doa sesudah sholat dhuha:

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى دُحُوْرَا فَذَكَرَ فِيْهِ بَعْدَهُ أَذْكَارًا كَتَبَ اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ بِهَا سَبْعِيْنَ أَلْفَ حَسَنَةٍ وَرَفَعَ لَهُ بِهَا سَبْعِيْنَ دَرَجَةٍ

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuha lalu mengucapkan doa sesudahnya, maka Allah akan mencatat untuknya 70.000 kebaikan dan mengangkat derajatnya sebanyak 70 derajat.” (HR. Tirmidzi)

Penutup

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat betapa pentingnya membaca doa sesudah sholat dhuha. Dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan berbagai keutamaan dan pahala yang besar. Dengan demikian, jangan lupa untuk selalu membaca doa sesudah sholat dhuha setelah melaksanakannya.

Kesimpulan

Doa sesudah sholat dhuha merupakan salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah melaksanakan sholat dhuha. Doa ini akan membantu kita untuk mendapatkan berbagai keutamaan dan pahala yang besar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membaca doa sesudah sholat dhuha setelah melaksanakannya.