Doa Sesudah Sholat dan Artinya
Doa Sesudah Sholat dan Artinya

Doa Sesudah Sholat dan Artinya

Sholat adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Sholat adalah wujud penghambaan terhadap Allah SWT. Dalam melaksanakan sholat kita harus mengucapkan doa sesudah sholat. Doa ini berfungsi untuk meminta perlindungan dan pertolongan Allah SWT. Berikut adalah doa sesudah sholat dan artinya.

Doa Sesudah Sholat Fardhu dan Artinya

Doa sesudah sholat fardhu adalah doa yang seharusnya kita ucapkan setiap kali selesai melaksanakan sholat fardhu, yaitu sholat yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Berikut doa yang seharusnya kita ucapkan setelah melaksanakan sholat fardhu:

“Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baiknya dan dari Engkau datang segala keselamatan. Maha suci Engkau, ya Dzat yang memiliki kemuliaan dan keagungan”.

Doa Sesudah Sholat Sunnah dan Artinya

Selain sholat fardhu, seorang muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah. Sholat sunnah adalah sholat yang dilakukan oleh seorang muslim sebagai perbuatan sunnah. Berikut doa yang seharusnya kita ucapkan sesudah melaksanakan sholat sunnah:

“Allahummaghfir lii wa liwaa lidayyaa wa lilmuminniina walmuminnat, wa lilmu’miniina walmu’minat, waalhamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan orang tua dan ibu, serta seluruh kaum muslimin dan muslimat, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Doa Sesudah Sholat Maghrib dan Artinya

Selain sholat fardhu dan sholat sunnah, seorang muslim juga diwajibkan untuk melaksanakan sholat maghrib. Sholat maghrib adalah sholat yang dilakukan ketika matahari terbenam. Berikut doa yang perlu kita ucapkan sesudah melaksanakan sholat maghrib:

“Allahumma innee as-aluka min fadhlika, wa rahmatika, wa maghfiratika, wa karamika, wa ‘afiyatika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu, rahmat-Mu, ampunan-Mu, karunia-Mu dan keselamatan-Mu.”

Doa Sesudah Sholat Isya dan Artinya

Selain sholat wajib dan sunnah, seorang muslim juga diwajibkan untuk melaksanakan sholat Isya. Sholat Isya adalah sholat yang dilakukan ketika malam hari. Berikut doa yang perlu kita ucapkan sesudah melaksanakan sholat Isya:

“Allahumma innad-dunyaa bini’matika wa maa laka minhaa, wa na’uudzu bika min syarrihaa wa syarri maa laka minhaa, wa as-aluka ghoiraha.”

Artinya: “Ya Allah, dunia ini adalah anugerah dari-Mu dan tidak ada yang lain selain Engkau, dan kami berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang ada di dalamnya. Kami memohon perlindungan terhadapnya.”

Doa Sesudah Sholat Subuh dan Artinya

Selain sholat wajib, sunnah, dan Isya, seorang muslim juga diwajibkan untuk melaksanakan sholat Subuh. Sholat Subuh adalah sholat yang dilakukan ketika fajar pagi. Berikut doa yang perlu kita ucapkan sesudah melaksanakan sholat Subuh:

“Allahumma innee as-aluka khayra maa feehaa wa khayra maa ba’daha, wa a’uudzu bika min sharrihaa wa sharri maa ba’daha.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan yang ada di dalamnya dan yang akan datang, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang akan datang.”

Doa Sesudah Sholat Zuhur dan Artinya

Selain sholat wajib, sunnah, Isya, dan Subuh, seorang muslim juga diwajibkan untuk melaksanakan sholat Zuhur. Sholat Zuhur adalah sholat yang dilakukan ketika waktu Dzuhur. Berikut doa yang perlu kita ucapkan sesudah melaksanakan sholat Zuhur:

“Allahumma innee as-aluka ridaaka wa zinataka, wa nooraka wa berkataka, wa jamee’a ni’mataka wa a’uudzu bika min syarri maa khalaqta.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keridhaan-Mu, kemuliaan-Mu, cahaya-Mu, berkat-Mu, dan segala nikmat-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan yang Engkau ciptakan.”

Doa Sesudah Sholat Ashar dan Artinya

Selain sholat wajib, sunnah, Isya, Subuh, dan Zuhur, seorang muslim juga diwajibkan untuk melaksanakan sholat Ashar. Sholat Ashar adalah sholat yang dilakukan ketika waktu Ashar. Berikut doa yang perlu kita ucapkan sesudah melaksanakan sholat Ashar:

“Allahumma innee as-aluka min fadhlika wa rahmatika, wa ihsaanika, wa taqwaaka wa hilyatika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu, rahmat-Mu, kebaikan-Mu, kebijaksanaan-Mu dan kemuliaan-Mu.”