Doa Sesudah Membaca Alquran dan Artinya
Doa Sesudah Membaca Alquran dan Artinya

Doa Sesudah Membaca Alquran dan Artinya

Al Qur’an adalah kitab suci yang disampaikan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Ini merupakan wahyu yang diturunkan melalui malaikat Jibril dan disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dituliskan. Al Qur’an mengandung nilai-nilai moral yang sempurna dan mengajarkan manusia tentang cara hidup yang baik. Banyak sekali orang yang membaca Al Qur’an setiap hari untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT dan mendapatkan berkah-Nya. Setelah membaca Al Qur’an, ada beberapa doa yang disarankan untuk semua orang untuk membacanya dan berikut adalah beberapa doa yang dapat Anda baca sesudah membaca Al Qur’an.

Doa Sesudah Membaca Alquran

Setelah selesai membaca Alquran, ada beberapa doa yang dapat dibaca. Berikut adalah beberapa doa yang dapat Anda baca sesudah membaca Alquran:

1. اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنَحْوِهِ نَجَاْ وَبِهِ نَصَرَ، وَفِي الْقُرْآنِ أَشْرَاطُ الْعُسْرَاءِ يُنْجِيْنَا وَيُثَبِّتُنَا.اللهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، وَإِمَا أَنْ تَشَأَّنَ بِنَا فَأَشْهِدُ أَنَّ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، اللَّهُمَّ إِنَّيْ أَسْأَلُكَ فِيْ كِتَابِكَ الْحَقِّ مَا يَشْغَلُنِيْ مِنْ دُنْيَايَ وَآخِرَتِيْ.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang dengannya kita mendapat keselamatan dan pertolongan. Di dalam Alquran terdapat petunjuk untuk orang yang tersesat dan memberi kita kekuatan untuk teguh. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan siksa neraka. Ya Allah, Engkau adalah Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri sendiri, tidak ada yang dapat mengganggu-Mu, baik dalam tidur maupun dalam bangun. Jika Engkau menghendaki kebaikan bagi kami, maka aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Ya Allah, aku memohon dari-Mu melalui Kitab-Mu yang benar semua yang dapat mengubah dunia dan akhiratku.

2. الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ يَسْتَجِيْبُ دَعْوَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ، وَيَهْدِيْهِمْ إِلَى مَا يَرْضَى. اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ لِمَا هُوَ خَيْرٌ لِيْ فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْهِمَا وَشَرِّ مَا بَعْدَهُمَا.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menjawab doa orang-orang yang beriman dan memimpin mereka ke jalan yang disukai-Nya. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan di dunia dan akhirat dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan di keduanya dan keburukan setelah keduanya.

Arti Doa Sesudah Membaca Alquran

Doa-doa di atas juga memiliki arti tersendiri. Berikut ini adalah arti dari doa-doa sesudah membaca Alquran:

1. Doa ini berarti bahwa kita berterima kasih kepada Allah SWT yang dengannya kita mendapat keselamatan dan kekuatan untuk teguh. Kita berlindung kepada Allah SWT dari siksa kubur dan neraka. Kita juga mengakui bahwa Allah adalah Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri. Kita berdoa kepada Allah agar diberi kebaikan di dunia dan akhirat.

2. Doa ini berarti bahwa kita bersyukur kepada Allah SWT yang menjawab doa orang-orang beriman dan memimpin mereka ke jalan yang disukai-Nya. Kita memohon kepada Allah kebaikan di dunia dan akhirat dan berlindung dari keburukan di keduanya dan keburukan setelah keduanya.

Kesimpulan

Doa-doa sesudah membaca Alquran adalah doa-doa yang ditujukan kepada Allah SWT untuk meminta kebaikan di dunia dan akhirat. Mereka juga digunakan untuk berlindung dari siksa kubur dan neraka. Doa-doa ini juga memiliki arti tersendiri dan menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah SWT.