Doa Sesudah Makan dan Artinya Per Ayat
Doa Sesudah Makan dan Artinya Per Ayat

Doa Sesudah Makan dan Artinya Per Ayat

Makan adalah salah satu kebutuhan pokok sebagai manusia. Makan tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saja, namun juga dapat memberikan kesenangan dan kehangatan dalam berkumpul bersama keluarga. Sehingga alangkah baiknya jika kita mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan.

Doa sebelum makan biasanya berisi permohonan kepada Allah agar memberikan kesehatan dan keberkahan, sedangkan doa sesudah makan berisi permohonan agar Allah menerima amalan kita. Doa sesudah makan dapat diucapkan oleh siapapun, tidak harus yang sedang makan saja, tapi juga orang di sekitar.

Doa Sesudah Makan dan Artinya

Doa sesudah makan yang banyak digunakan adalah doa berikut ini:

“Alhamdulillahilladzii at`amanaa wa saqanaa wa ja`alanaa minal muslimeen.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minuman dan menjadikan kami termasuk orang-orang yang beriman.”

“Allaahumma baarik lanaa fiihi wa a`tinaa khayraha wa akfinaa bimaa razaqtanaa.”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di dalamnya dan berilah kami kebaikan di dalamnya dan kabulkanlah permohonan kami.”

“Allaahumma a`innaa `alaa thikrika wa shukrika wa husni `ibaadatika.”

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu agar kami selalu ingat dan bersyukur kepada-Mu dan melaksanakan ibadah kepada-Mu dengan baik.”

“Allaahumma innii as-aluka bi rahmatika wa laa taj`al lii `azaaban naa’iraa.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu dan jangan Engkau menimpakan kepada kami siksaan yang pedih.”

“Allaahumma innii as-aluka min khairi ma saqaltu wa `alaa khairi ma akhrajtu wa `alaa khairi ma ja`altu wa min khairi ma taf`altu.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan apa saja yang telah aku perbuat, dan kebaikan apa saja yang telah aku keluarkan, dan kebaikan apa saja yang telah aku lakukan, dan kebaikan apa saja yang telah aku usahakan.”

“Allaahumma innii as-aluka bi `ilmika wa qudratika wa `izzatika wa jabarootika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan ilmu-Mu, kekuasaan-Mu, kemuliaan-Mu dan kekuatan-Mu.”

“Allaahumma `inii as-aluka bimaa razaqtanii wa `alaa khairi maa razaqtanii wa ‘alaa khairi maa tahsilu.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu atas apa yang telah Engkau berikan kepadaku dan atas kebaikan apa yang telah Engkau berikan kepadaku dan atas kebaikan apa yang aku peroleh.”

Manfaat Berdoa Sesudah Makan

Doa sesudah makan memiliki manfaat yang luar biasa. Pertama, doa tersebut merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat Allah yang telah melimpah ruah kepada kita. Kedua, doa tersebut juga merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan terhadap nikmat Allah yang telah melimpah ruah kepada kita. Doa tersebut juga merupakan bentuk permohonan agar Allah dapat memberkahi makanan yang telah kita makan dan kita juga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Ketiga, doa tersebut juga merupakan bentuk permohonan agar Allah dapat memperkuat iman kita dan melindungi kita dari segala bentuk godaan dan penyimpangan. Keempat, doa tersebut juga merupakan bentuk permohonan agar Allah dapat memberikan kesehatan dan kekuatan yang luar biasa.

Kesimpulan

Doa sesudah makan adalah salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat Allah yang telah melimpah ruah kepada kita. Doa tersebut juga berfungsi untuk menghormati dan mengakui nikmat Allah, meminta kesehatan dan keberkahan, dan memperkuat iman dan melindungi dari segala bentuk godaan. Oleh karena itu, marilah kita berdoa sesudah makan sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan atas nikmat Allah yang melimpah ruah.