Doa Sesudah Makan Beserta Artinya Per Ayat
Doa Sesudah Makan Beserta Artinya Per Ayat

Doa Sesudah Makan Beserta Artinya Per Ayat

Doa sesudah makan adalah doa yang dibaca sesudah selesai menyantap makanan. Doa ini bisa dibaca dalam keadaan duduk, berdiri, ataupun sujud. Doa ini menjadi simbol rasa syukur kepada Allah atas nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya. Doa ini sebetulnya bisa dibaca dalam waktu yang singkat dan sederhana. Namun, kita juga bisa meluangkan waktu untuk membaca doa-doa yang lebih panjang dan mendalam. Berikut beberapa doa sesudah makan beserta artinya per ayat.

1. Doa Sesudah Makan yang Pendek

Doa sesudah makan yang pendek ini biasa dibaca setelah selesai menyantap makanan. Doa ini merupakan simbol rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Berikut doa sesudah makan yang pendek beserta artinya per ayat:

“الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minum kami dan menjadikan kami termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya)” (QS. Al-Maidah [5]: 114).

2. Doa Sesudah Makan yang Panjang

Doa sesudah makan yang panjang ini biasanya dibaca oleh orang-orang yang ingin mengambil waktu lebih lama untuk berdoa. Doa ini berisi rasa syukur yang lebih mendalam kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Berikut doa sesudah makan yang panjang beserta artinya per ayat:

“الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي وَتُبَارِكَ لِي فِي طَعَامِي هَذَا، وَتُطْهِرَ قَلْبِي مِنْ كُلِّ سُوءٍ وَمِنْ كُلِّ قَذْفٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْبٍ وَمِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَأَنْ تَجْعَلَهُ لِي طَيِّبًا، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنْ لاَ تَجْعَلْ فِي قَلْبِي شَيْئًا يَكْبُرُ وَأَنْ لاَ تَجْعَلْهُ مَحْرُومًا، وَأَنْ لاَ تَجْعَلْهُ مُحْضَرًا، وَأَنْ لاَ تَجْعَلْهُ مُحْضَنًا، وَأَنْ تَجْعَلَهُ لِي وَسِيلَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ وَفِي الْجِنَانِ وَأَنْ تُصَلِّيَ عَلَيَّ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْء”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minum kami dan menjadikan kami termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya). Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau ampunilah aku dan muliakan aku dalam makanan ini, dan bersihkanlah hatiku dari segala keburukan, dari segala cela, dari segala kekurangan, dan dari segala dosa. Dan jadikanlah makanan ini baik untukku. Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu agar janganlah Engkau jadikan dalam hatiku sesuatu yang memberatkan, dan janganlah Engkau jadikan ia terhalang, dan janganlah Engkau jadikan ia tertolak, dan jadikanlah ia bagiku suatu wasilah untuk mendapatkan segala kebaikan, serta surga, dan limpahkanlah kepadaku rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu” (HR. Abu Dawud).

3. Doa Sesudah Makan untuk Anak-anak

Doa sesudah makan untuk anak-anak adalah doa yang dibaca setelah selesai menyantap makanan. Doa ini diperuntukkan bagi anak-anak yang masih belum bisa membaca atau memahami makna doa secara utuh. Doa ini berisi rasa syukur atas nikmat makan dan minum yang diberikan oleh Allah. Berikut doa sesudah makan untuk anak-anak beserta artinya per ayat:

“الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا، اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ، وَآتِنَا مِنْهُ الشُّكْرَ وَال