Doa Sesudah Iqomah dan Artinya
Doa Sesudah Iqomah dan Artinya

Doa Sesudah Iqomah dan Artinya

Setiap muslim tentu sudah tahu tentang doa sesudah iqomah. Doa ini merupakan doa yang biasa diucapkan setelah memulai shalat. Doa ini biasa disebut dengan doa qunut. Doa qunut berasal dari bahasa arab yang berarti “mendekat”. Doa qunut ini merupakan suatu bentuk permohonan yang diharapkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa qunut biasanya dibacakan setelah membaca surat Al-Fatihah. Setelah itu, ada beberapa doa qunut yang bisa dipilih untuk dibaca. Masing-masing doa qunut memiliki arti yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pentingnya bagi kita untuk mengetahui maksud dari setiap doa qunut yang kita baca.

Apa Itu Doa Sesudah Iqomah?

Doa sesudah iqomah adalah sebuah doa yang diucapkan setelah melakukan iqomah. Iqomah adalah bagian dari shalat yang dilakukan sebagai tanda dimulainya shalat. Iqomah biasanya dilakukan dengan mengucapkan “Allahu Akbar”. Doa sesudah iqomah adalah sebuah doa yang biasanya diucapkan setelah membaca surat Al-Fatihah.

Doa Sesudah Iqomah dan Artinya

Doa qunut dapat berbeda-beda tergantung pada jenis shalat yang dilakukan. Berikut ini adalah beberapa doa qunut dan artinya:

1. Doa Qunut Nazilah: “Allahumma ihdini fiman hadayta wa ‘afini fiman ‘afayta wa tawallani fiman tawallayta wa barik li fima a’tayta wa qini sharra ma qadayta, fa innaka taqdi wa la yuqda ‘alayk, wa innahu laa yadhillu man waalayta, tabaarakta Rabbana wa ta’aalayta”. Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada orang yang Engkau beri petunjuk, ampunilah orang yang Engkau anugerahkan ampun, lindungilah orang yang Engkau lindungi, berkahilah orang yang Engkau berikan berkah, dan cegahlah kejahatan dari orang yang Engkau cegah. Sesungguhnya Engkau Maha Meneguhkan (keputusan-Mu) dan tidak ada yang dapat meneguhkan yang Engkau teguhkan. Sesungguhnya Dia tidak akan mengalahkan orang yang Engkau beri kekuatan. Maha suci Engkau Ya Tuhan kami dan Maha Tinggi.

2. Doa Qunut Witir: “Allahumma ighfir li dhanbi wa kaffir anhu, wa israfni minhu, wa tawaffani mauta wa barik li fi amri wa alaa dzurriyati wa ahlihi wa aqihi min kulli dzurriyatin bi rahmatika yaa arhamarrahimin”. Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan kabulkanlah permintaanku, hapuskanlah dosa-dosaku, dan berikanlah kematian kepadaku di waktu yang Engkau kehendaki. Berkahilah aku dalam pekerjaanku dan anggota keluargaku dan temanku dan semua keluarga. Dengan rahmat-Mu ya Tuhan Yang Maha Pengasih.

3. Doa Qunut Dhuha: “Allahumma antas salaamu wa minkas salaamu, tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam”. Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat Yang Maha Suci dan dari Engkau datang segala keselamatan. Maha suci Engkau ya Tuhan yang memiliki kemuliaan dan kemulian.”

Kesimpulan

Doa qunut adalah sebuah doa yang biasa diucapkan setelah memulai shalat. Doa qunut memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada jenis shalat yang dilakukan. Dengan mengetahui arti dari setiap doa qunut, kita dapat lebih memahami makna dari doa qunut yang kita baca. Dengan cara ini, kita dapat lebih menghayati dan memahami doa qunut yang kita ucapkan.