Doa Sesudah dan Sebelum Makan Beserta Artinya
Doa Sesudah dan Sebelum Makan Beserta Artinya

Doa Sesudah dan Sebelum Makan Beserta Artinya

Sebelum dan sesudah makan adalah momen yang tepat untuk melakukan doa. Yakni semacam pengingat untuk menyadari bahwa semua nikmat yang kita dapatkan berasal dari Allah SWT. Menurut ahli tafsir, ayat yang melarang mengucapkan kata-kata bodoh yang tidak bermanfaat saat makan atau minum, juga berlaku pada saat-saat di sebelum dan sesudah makan. Artinya, kita harus menggunakan momen di sebelum dan sesudah makan untuk berdoa dan beribadah kepada Allah SWT.

Selain itu, berdoa saat makan juga merupakan bentuk dari shalat sunnah. Kebiasaan ini berlaku bagi seluruh umat Islam, baik itu pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Berikut adalah beberapa doa sebelum dan sesudah makan beserta artinya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan yang paling umum adalah: “بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ” yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Doa ini biasa dibaca sebelum makan, minum dan sebelum melakukan aktivitas apapun. Selain doa ini, Anda juga bisa membaca doa berikut:

“الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا، وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ” yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman serta menjadikan kami termasuk orang-orang yang beriman”.

“اللهُـمَّ بَارِكْ لَـنَا فِيمَا رَزَقْـتَنَا وَقِـنَا عَذَابَ النَّارِ” yang artinya “Ya Allah, berkahilah kami dengan rizki yang Engkau berikan dan jauhkanlah kami dari siksaan neraka”.

Doa Sesudah Makan

Doa sesudah makan yang umum adalah “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ” yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman serta menjadikan kami termasuk orang-orang yang beriman”. Selain itu, ada juga doa berikut ini:

“الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا، وَكَفَانَا، وَآوَانَا، فَإِنَّهُ لَا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ” yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman, memberi kami cukup dan mencukupi kami. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik”.

“اللهُـمَّ إِنِّـي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِـكَ الَّتِي وَسِـعَتْ كُلَّ شَيْـءٍ أَنْ تَغْفِـرَ لِي” yang artinya “Ya Allah, aku mohon dengan kasih sayang Mu yang mencakup segala sesuatu, agar Engkau mengampuni aku”.

Kesimpulan

Doa sebelum dan sesudah makan merupakan salah satu bentuk dari shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Doa sebelum makan dan sesudah makan bertujuan untuk mengingatkan kita akan kasih sayang Allah SWT yang melimpah. Dengan berdoa, maka kita akan selalu diberi nikmat dan rizki yang cukup untuk kebutuhan hidup kita. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua.